Mayoritas Lulusan MA Ar-Rahmat Weragati Majalengka Diterima di PTN Lewat Jalur Prestasi

0
70

KABARCIREBON – Prestasi membanggakan ditorehkan siswa-siswi lulusan madrasah di Kabupaten Majalengka. Kali ini oleh alumni Madrasah Aliyah (MA) Unggulan Ar-Rahmat, yang berada dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Modern Ar-Rahmat yang beralamat di Desa Weragati, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka.

Dari puluhan siswa yang mayoritas nyantri sambil mondok itu, tercatat dari angkatan ke-III sekitar 70% alumninya diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur prestasi. Bahkan tiga di antaranya berhasil lolos melalui jalur seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) RI. Selain itu, tujuh santrinya berhasil lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2022.Kemudian lima santri lainnya mampu menembus jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP). Program ini diluncurkan Politeknik Kesehatan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Kepala MA Unggulan Ar-Rahmat, Hj. Yeni Fitriyani menuturkan, dengan telah berakhirnya tahun ajaran 2021/2022, MA Unggulan Ar-Rahmat telah meluluskan peserta didik sebanyak 26 santri berprestasi. Di antaranya telah diterima di PTN ternama dan lolos beasiswa santri berprestasi.

“Alhamdulillah prestasi yang diraih oleh para santri kami ini tidak terlepas dari komitmen madrasah untuk terus berkontribusi dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, dengan berlandaskan iman dan taqwa kepada Allah SWT serta kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (IPTEK),” ujar Yeni di sela-sela momentum acara wisuda sekolah tersebut, kemarin.

Nampak raut wajah bahagia terpancar dari puluhan siswa maupun orang tua murid nampak sumringah. Bahkan air mata haru dan kebahagian begitu terasa dan menyelimuti pada momentum acara perpisahan tersebut. Terutama saat proses pengalungan kalung dalam proses wisudawan.

Baca Juga  Imbas Pandemi Covid-19, Seribu Pekerja Masih Dirumahkan

Nampak hadir Pengasuh Pondok Pesantren Ar-Rahmat yang juga Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama KH Adib MA.

Masih dikatakan dia, manisfestasi ini membuktikan bahwa santri dan madrasah bukan hanya mampu mengaji namun pula mampu bersaing dalam ilmu pengetahuan dan kemajuan tekhologi dewasa ini. Hal ini dibuktikan hampir setiap tahunnya seluruh siswa atau santrinya, dapat diterima di berbagai kampus ternama yang ada di Indonesia.

Sebut saja yang diterima di Universitas Negeri Umum, saat ini di Institut Tekhnologi Sepuluh November (ITS) Surabaya Jurusan Matematika Murni atas nama, Dea Nurfarisa. Kemudian, Universitas Negeri Jakarta Jurusan Pendidikan Ekonomi atas nama Imas Masithoh. Keduanya siswanya ini diterima melalui jalur SNMPTN dan PBSB 2022.

“Kombinasi pengajaran, pendidikan serta pendidik yang kompeten dan memiliki kualifikasi strata 1 dan strata 2 yang kami miliki menjadi bagian penting dalam proses kegiatan pembelajaran di MA Unggulan Ar-Rahmat,” tuturnya.

Masih diungkapkan Yeni, dengan waktu yang sangat fleksibel yakni peserta didik pondok pesantren selama 24 jam, yang berada di lingkungan sekolah, kondisi memudahkan koordinasi dan komunikasi antara para tenaga pendidik (ustad dan ustadzah) dalam memberikan materi pelajaran terhadap siswa.

“Kami pun menggembleng para siswa dan santri juga untuk memiliki kemampuan dalam meningkatkan kompetensi akademik maupun non akademik,” tegasnya.

MA Unggulan Ar-Rahmat sendiri memiliki slogan madrasah hebat dan madrasah bermartabat. Memiliki lima keunggulan yang di antaranya berbasis pondok pesantren, program pembelajaran tafsir & tahfid Al-Qur’an, program intensif Kitab Kuning. Lalu, program intensif Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, Pendampingan masuk perguruan tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.

“Alhamdulillah madrasah kami itu telah memberi bukti dan berupaya maksimal memberikan lulusan SDM yang berkualitas dan diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan negara ini,” tutupnya.(Jejep)

Baca Juga  Honor Petugas Pemakaman Covid-19 Tak Kunjung Cair