PKPU Nomor 3 Tahun 2022 Disosialisasikan

0
36
PERWAKILAN parpol antusias mengikuti sosialisasi PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilu 2024 di Aula KPU setempat, Rabu (22/6/2022).*Ratno/KC

KABARCIREBON Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu mensosialisasikan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilu 2024, di Aula Kantor KPU Indramayu, Rabu (22/6/2022). Karena ada beberapa hal krusial yang perlu disampaikan ke setiap partai politik (parpol).

Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni mengungkapkan, pihaknya harus memastikan secara teknis kesiapan pendaftaran parpol yang akan dilaksanakan pada 29 Juli 2022. Mengingat batasan hanya tinggal 30 hari, sehingga harus dipersiapkan masing-masing parpol.

“Sosialisasi ini bukan hanya sekadar soal persiapan teknis parpol, tetapi teman-teman LO juga harus dipastikan sudah terkoordinir. Tujuannya, agar informasi dan regulasi cepat kami disampaikan ke parpol,” katanya.

Menurutnya, PKPU Nomor 3 Tahun 2022 berbeda dengan 2019. Hal itu dilihat dari jumlah hari. Contohnya, verifikasi data calon tetap hanya lima hari, pendaftaran masing-masing parpol tingkat pusat ke KPU RI dan tidak ada proses pendaftaran di KPU kabupaten/kota.

“Namun demikian, data pendaftarannya disiapkan dari KPU kabupaten/kota dan operator mengapload syarat pendaftaran parpol tersebut ke sistem informasi partai politik (Sipol),” tuturnya. (Ratno)