Mengenalkan Pancasila Sejak Dini

0
22
KUWU Desa Sukadana Kecamatan Pabuaran Kabupaten Cirebon, Firmansyah (tengah), memaparkan program desa pada tim monitoring dan evaluasi (monev) kecamatan setempat, Selasa (21/6/2022).*Supra/KC

Kabar Cirebon-Online Pancasila adalah dasar negara dan falsafah bangsa, yang terdiri atas lima sila. Maka, diperlukan pengenalan sejak dini. Hal inilah yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Karanganyar, Kecamatan Karangwareng Kabupaten Cirebon, dengan membangun monumen Pancasila.

Menurut Kuwu Desa Karanganyar, H Suranto, pengenalan sejak dini Pancasila sangat diperlukan, maka pihak desa membangun monumen pancasila. “Anak-anak yang bermain di halaman balai desa, akan melihat sila-sila yang ada di monumen tersebut dan dengan sendirinya, akan hapal Pancasila. Begitu juga ‘burung garuda’, yang merupakan lambang negara,” katanya, Selasa (21/6/2022).

Suranto menjelaskan, Pancasila merupakan landasan paling utama bagi bangsa Indonesia untuk menjalankan kehidupan bernegara dan sila-sila Pancasila adalah nilai luhur yang dimiliki bangsa Indonesia. Maka, sudah sepatutnya dilaksanakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Ada banyak makna yang tekandung dalam Pancasila. Salah satunya, musyawarah untuk mufakat. Yang artinya, bermusyawarah bilamana ada permasalahan,” jelasnya.


Masih dikatakan Suranto, usia dini bisa juga disebut dengan usia emas, karena pada saat itu anak akan sangat mudah menangkap dan mempraktikan suatu hal.

“Mengenalkan dan menanamkan nilai pancasila tidak melulu dengan cara teoritis dan di sekolah, anak-anak dapat memulai mengenal pancasila melalui aktivitas sehari-hari dengan melihat sila Pancasila di balai desa,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan, dukungan masyarakat dalam membangun desa. “Program desa mendatang, akan membangun tempat wisata, berupa tempat rekreasi dan gedung serbaguna, sebagai upaya meningkatkan pendapatan asli desa (pad),” pungas Suranto.(Supra/KC)