Pemdes Panambangan Bangun Wisata Arung Jeram

0
18
Rapat koordinasi di Desa Panambangan Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon, untuk membahas pembangunan tempat wisata desa setempat, Senin (20/6/2022).*Supra/KC

Kabar Cirebon-Online Berbagai upaya dilakukan pihak desa untuk menggali potensi. Salah satunya dengan memanfaatkan alam sekitar guna dijadikan tempat wisata alam. Hal inilah salah satu rencana yang dilakukan pemerintah Desa Panambangan Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon.

Menurut Kuwu Desa Panambangan, Dadang, inovasi desa sangat diperlukan guna menuju desa mandiri. “Salah satunya, menjadikan tempat wisata. Karena, dengan adanya tempat wisata akan meningkatkan perekonomian masyarakat dan PADes,” katanya, Senin (20/6/2022).

Dadang menjelaskan, dalam pembangunan tempat wisata tentunya memerlukan peran serta seluruh pihak. Di antaranya Dinas Pariwisata dan masyarakat itu sendiri. Maka pihak desa akan koordinasi dinas terkait, guna terwujudnya tempat wisata di desa ini. “Sungai kecil yang ada di desa ini, rencananya akan membangun arung jeram,” jelasnya.

Masih dikatakan Dadang, peran serta masyarakat, khususnya pemuda desa untuk mewujudkan tempat wisata, karena sesuai anjuran Bupati, agar setiap desa menggali potensi desa yang ada di desa, dengan rencana membangun arung jeram. “Belum adanya tempat wisata di desa ini, maka kami berinovasi dengan membangun arum jeram,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan, bantuan anggaran pemerintah pusat, provinsi maupun daerah, guna mewujudkan tempat wisata di desa ini. “Semoga dalam waktu dekat ada bantuan anggaran. Mengingat, potensi yang ada di desa sangat baik,” Dadang.(Supra/KC)