Kreasi Seni dan UMKM Ramaikan Pelepasan 31 Siswa SDN Cangkol III

0
17
SISWA kelas VI SDN Cangkol III sungkem kepada orang tua masing-masing saat digelarnya acara perpisahan di sekolah setempat, Sabtu (18/6/2022).*Jaka/KC

Kabar Cirebon-Online Sebanyak 31 siswa kelas III Sekolah Dasar (SD) Negeri Cangkol III Kota Cirebon dilepas kepala sekolah, Moh Achyani usai dinyatakan lulus ke jenjang berikutnya di halaman sekolah setempat, Sabtu (18/6/2022).

Kegiatan yang diselingi dengan penampilan kreasi seni siswa, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) warga sekitar dan sungkeman kepada orang tua tersebut dihadiri Pengawas Pembina, Sumini, Ketua Komite, Nunu Nugraha dan salah satu Alumni sekaligus Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Cirebon, Jaka Permana.

Kepala SDN Cangkol III Kota Cirebon, Moh Achyani mengatakan, usai pelepasan diserahkan kembali kepada orang tua masing-masing untuk dibina dan dididik ke jenjang berikutnya. Akan tetapi, jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis online ke tingkat Sekolah Menengah Atas (SMP) Negeri pihak sekolah akan tetap membantu siswa saat pendaftaran melalui pihak operator.  “Kita masih memegang aturan karena pihak sekolah yang akan mendaftarkan melalui pihak operator,” katanya.

Dengan diselenggarakannya pelepasan tahun ini, Achyani menjelaskan, bekerja sama dengan komite pihaknya memberdayakan hasil UMKM dari masyarakat sekitar untuk diadakan di sekolah dan berharap bisa diangkat ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Oleh sebab itu, pihak KNPI menampung aspirasi pihak sekolah. “Usai pelepasan ini saya berharap agar anak jangan sampai lepas dengan dunia pendidikan, harus terus bersekolah ke jenjang berikutnya. Jangan sampai berhenti di wajib belajar 9 tahun saja,” harapnya.

Sementara salah satu Alumni SDN Cangkol III sekaligus Sekretaris KNPI Kota Cirebon, Jaka Permana merasa bangga terhadap perkembangan sekolahnya tersebut. “Saya berharap kepada lulusannya bisa menjadi orang sukses yang berguna bagi masyarakat, orang tua maupun bangsa,” ungkapnya.(Jaka/KC)