Disbudpar Gagas Sedina Nyerbon

0
9
Kepala Disbudpar Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya.* Fanny/KC

Kabar Cirebon-Online Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon akan mematangkan program Sedina Nyerbon. Program ini direncanakan akan diimplementasikan di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon untuk mewujudkan visi misi wali kota dan wakil wali kota di bidang budaya.

Kepala Disbudpar Kota Cirebon Agus Sukmanjaya mengatakan, Sedina Nyerbon ini merupakan ikhtiar untuk percepatan pencapaian visi misi wali kota dan wakil wali kota. “Ini (Sedina Nyerbon) merupakan sebuah komitmen keberpihakan Pemda Kota Cirebon untuk mengangkat budaya,” kata Agus, Jumat (13/5/2022).

Dalam program ini, para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemda akan berkomunikasi baik di rapat formal maupun informasl dengan menggunakan Bahasa Cirebon. “Jadi ada satu hari kerja di mana para ASN akan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Cirebon, juga menggunakan pakaian khas Cirebon,” katanya.

Menurutnya, diharapkan program ini tak hanya akan berlaku di lingkungan Pemda Kota Cirebon, tapi juga di institusi lainnya seperti perbankan maupun perhotela.

“Target pelaksanaan program Sedina Nyerbon ini diharapkan bisa terealisasi di tahun ini juga. Tahapannya, di tahun ini akan lakukan terlebih dahulu semacam focuss group discussion (FDG) untuk meminta masukan dari budayawan dan juga praktisi agar bisa disepakati seperti apa pelaksanaannya nanti,” ujar Agus.

Ia menambahkan, jika bicara bahasa, di Cirebon memiliki strata atau bahasa yang berbeda-beda. “Misalnya ada bahasa pergaulan, bagaimana berbicara dengan orang yang lebih tua, nah yang seperti ini akan kita bahas di FGD. Saya harapkan, melalui Sedina Nyerbon ini minimal bahasa keakraban saja dulu, di level selanjutnya mungkin nanti ada babasannya (bahasa halus),” katanya.

Menurutnya, program Sedina Nyerbon ini akan dikuatkan melalui keputusan wali kota sehingga implementasinya bisa terwujud. Ia pun berharap program tersebut bisa turut dimasukkan ke dalam pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kebudayaan yang saat ini sedang dibahas di DPRD Kota Cirebon.

DPRD Kota Cirebon sedang membahas Raperda kebudayaan, Raperda ini merupakan inisiasi DPRD. “Saya harap, isinya turut ada tentang penguatan budaya melalui Sedina Nyerbon ini, sehingga implementasinya nanti benar-benar bisa diterapkan,” ujarnya.(Fanny/KC)