Aneh, Normalisasi Sungai Ciberes Tak Kunjung Dikerjakan

0
7
KONDISI jalan Desa Gunungsari Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon, yang rusak, karena banjir, Jumat (12/5/2022).*Supra/KC

Kabar Cirebon-Online Masyarakat dan Pemerintah Desa Gunungsari Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon pertanyakan rencana normalisasi Sungai Ciberes dan perbaikan jalan yang rusak, usai banjir.

Menurut warga setempat, Herman, normalisasi sungai tersebut sangat dinantikan masyarakat guna minimalisasi banjir. “Informasinya, usai Idulfitri akan dinormalisasi. Akan tetapi sampai sekarang, belum ada tanda-tanda realisasi. Dampak banjir mengakibatkan jalanan rusak,” katanya, Jumat (12/5/2022).

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Gunungsari, Aris Suherman mengungkapkan, banjir bandang yang kerap terjadi membuat masyarakat trauma dan resah. Sehingga perlu disegerakan normalisasi sungai. “Kalau dihitung, sudah sekitar 25 kali banjir terjadi sejak Januari hingga sekarang. Jadi bukan tahunan lagi, tapi tiap pekan banjir melanda desa ini,” ungkapnya.

Aris menceritakan, banjir bandang tentunya sangat berdampak buruk pada masyarakat dan infrastruktur jalan, sehingga perlu penanganan serius dari pihak terkait. Di samping, normalisasi Sungai Ciberes beserta anak sungai.

Banjir, berdampak pada kerusakan jalan, sehingga perlu secepatnya dilakukan normalisasi dan perbaikan jalan. Selain itu, perlu juga adanya pintu air dan tanggul menyeluruh di anak Sungai Ciberes.

“Memang, anggaran yang dikeluarkan tidak sedikit, tapi bila berbarengan antara pihak kabupaten dan Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWSCC) akan lebih ringan. Misalnya, anak sungai dikerjakan pihak kabupaten dan Sungai Ciberes dikerjakan BBWSCC,” jelasnya.(Supra/KC)