125 KPM Terima BLT DD

0
6
KUWU Desa Rawaurip Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, Rohmanur (kanan), secara simbolis membagikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), Jumat (12/5/2022).*Supra/KC

Kabar Cirebon-Online Pemerintah Desa Rawaurip Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon membagikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Kuwu Desa Rawaurip, Rochmannur mengatakann, BLT DD merupakan salah satu bantuan langsung dari desa yang diterima warga yang kurang mampu dan tidak mendapatkan berbagai bantuan dari program apapun, guna membantu perekonomian masyarakat desa.

“Yang disalurkan saat ini, untuk bulan Januari hingga Maret,” katanya, Jumat (12/5/2022).

Rohman menjelaskan, setelah adanya musyawarah dan disepakati semua pihak, maka disepakati 125 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). “Untuk setiap KPM sendiri mendapatkan BLT DD sebesar Rp 300 ribu/bulan, sehingga KPM menerima total Rp 900 ribu (Januari-Maret). Covid-19 sangat berdampak pada masyarakat desa, sehingga memerlukan berbagai bantuan dari pusat, provinsi dan daerah.

“Terlebih usai Idulfitri yang tentunya membutuhkan biaya yang banyak untuk berbagai keperluan,” jelasnya.

Masih dikatakan Rohman, berbagai program pemerintah sangat dinantikan masyarakat, khususnya saat pendemi Covid-19, sehingga perlu perhatian serius dari pihak terkait. Dalam penanganan Covid-19 menjadi tanggung jawab seluruh pihak, begitu juga bantuan bagi warga dan pihak desa telah membagikan BLT DD bagi warga yang terdampak Covid-19. “BLT DD yang dibagikan disesuaikan pencairan, maka perlu adanya pengertian masyarakat, terhadap bantuan yang ada,” ujarnya.

Dirinya mengimbau pada seluruh warga untuk menerapkan protokol kesehatan, antara lain, memakai masker saat bepergian, mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir dan menjaga jarak. “Mari jadikan desa ini terbebas dari Covid-19, dengan saling memgingatkan untuk melakukan protokol kesehatan dalam kehidupan setiap hari,” ajak Rohman.(Supra/KC)