BPD Sampaikan Aspirasi untuk Kemajuan Desa

0
11
BPD dan Pemerintah Desa Gunungsari sedang diskusi terkait BUMDes dan PAD, Kamis (12/2022).*Munir/KC

KABARCIREBON- Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gunungsari menyampaikan aspirasi kepada pemerintah desa (Pemdes) mengenai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan penggalian pendapatan asli desa (PAD), Kamis (12/5/2022). Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan desa.

“Aspirasi dari BPD saya terima dan akan ditindaklanjuti demi kebaikan dan kemajuan desa, “kata Kuwu Desa Gunungsari, Hj.Yossy.

Ia mengungkapkan, ada beberapa poin yang disampaikan oleh BPD kepada Pemdes salah satunya tentang BUMDes dan penggalian PAD dari pasar malam desa. Kemudian tentang anggaran ADD, pemeliharaan PJU, pelatihan Pemdes dan BPD, dan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).

Selain itu, membahas tentang tapal batas Desa Gunungsari yang mengalami kesalahan pemasangan titik batas desa. Sebab pemasangan tapal batas desa dilakukan oleh pihak ketiga.

“Ada satu titik batas desa yang salah pasang, makanya harus segera dipindah supaya jangan sampai menimbulkan persoalan dikemudian hari, “katanya.

Wakil ketua BPD Gunungsari, Daryana mengemukakan, pertemuan ini merupakan ajang silaturahmi supaya ada sinergitas antara BPD dan Pemdes. Kemudian rapat dinas ini juga  bagian dari kinerja BPD, karena aspirasi dan pengawasan salah satu bagian dari tugas pokok dan fungsi BPD.

Tidak hanya itu, pembahasan lainnya tentang potensi-potensi desa untuk dijadikan PAD. Pemdes menyepakati penggalian potensi desa tersebut untuk membantu kegiatan kepemudaan di luar dana desa.

“Di luar anggaran DD, ADD Pemdes dan BPD sinergi untuk menggali sumber anggaran yang ada di desa untuk kesejahteraan,” katanya.(Munir)