Bank Indonesia Jabar Kembali Gelar Ajang KKJ 2022

0
9
TANGKAP layar. Kepala Perwakilan BI Jabar, Herwanto menyanpaikan paparannya pada media briefing ajang KKJ melalui virtual zoom, Jumat (13/5/2022).* Epih/KC

KABARCIREBON- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat (Kpw/BI Jabar)  bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jabar menghadirkan ajang Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) yang dipadukan dengan Pekan Kerajinan Jawa Barat di Trans  Hotel Convention Centre Bandung, Sabtu – Senin (14-16/5/2022).

Kepala Perwakilan BI Jabar, Herawanto mengungkapkan,  isu yang diangkat dalam ajang ini, yakni pengelolaan ekonomi keuangan inklunsif  untuk mempercepat pemulihan ekonomi berkelanjutan.

“Ini sangat terkait dengan isu sekarang maupun dengan isu masa depan. Karenanya, sudah semestinya Jawa Barat memiliki satu wahana atau forum untuk semakin mengedepankan produk-produk karya kreatif dari Jawa Barat ini,” tutur Herwanto pada media briefing  ajang KKJ melalui virtual zoom, Jumat (13/5/2022).

Karya kreatif seperti animani, lanjut Herwanto, diharapkan bisa menjadi sektor pertumbuhan ekonomi baru.

“Yang pertama tentunya sektor pariwisata, kemudian hal yang sebenarnya ada di kehidupan sehari-hari kita, yaitu ngenteh atau budaya minum teh,. Dan hampir 70 persennya produksi teh nasional itu datangnya dari Jawa Barat. Ini yang di mana komposisinya sebagian besar adalah perkebunan rakyat,” papar dia.

Sedangkan kaitannya dengan ajang KKJ,  Herwanto menyatakan, ajang KKJ yang diselenggaraan tidak hanya berbicara masalah karya kreatif atau produk yang ditampilkan kalangan UMKM  semata,  juga dorongannya agar mereka bisa go internasional.

“Karenanya, di sini kami tidak hanya berbicara mengenai displai produk yang dihasilkan, kami juga dorong para kreatif ini tidak hanya melakukan transaksi, baik itu dalam bentuk transaksi domestik, maupun ekspor,” tutur Herwanto.

Hewrwanto juga menyatakan, jika ajang KKJ ini merupakan hasil kolaborasi dengan berbagai pihak, baik dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun dengan perbankan umum lainnya.

“Ini merupakan event tahunan BI yang telah dikolaborasikan dengan Pemeritah Provinsi Jabar. Dari waktu ke waktu, bahkan pada masa pandemi seperti tahun kemarin itu masih bisa kami selanggarakan,” tambahnya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jabar, ,Indra Sofyan menyatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada BI yang terus konsen menyelenggarakan indukasi kreaatif di Jawa Barat. “Ini juga untuk ke depannya akan menjadi salah satu upaya kami,” tukas Indra.(Epih/KC)