Desa Curug Terima Program Rutilahu

0
11
KUWU Desa Curug Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon, Siti Kurniaminati (tengah), memberikan kata sambutan dalam sosialisasi program perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu), Rabu (11/5/2022).*Supra/KC

Kabar Cirebon-Online Desa Curug Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon, mendapatkan program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). Kuwu Desa Curug, Siti Kurniaminati mengatakan, program rutilahu sangat dinantikan bagi warga yang kurang mampu, agar memiliki rumah yang layak.

“Sekitar 30 unit rumah yang mendapatkan program tersebut,” katanya usai acara sosialisasi di balai desa setempat, Rabu (11/5/2022).

Siti menjelaskan, berbagai tahapan dan proses telah dilakukan pihak desa dalam pengajuan program rutilahu ke Provinsi Jawa Barat dan tahun ini realisasi 30 unit.

“Secara bertahap kami ajukan program rutilahu, agar rumah yang ada di desa ini layak huni. Bahkan untuk mempercepat rumah layak huni, pihak desa menganggarkan dari dana desa,” jelasnya.

Masih dikatakan Siti, program rutilahu hanya anggaran stimulan, sehingga masih memerlukan dana pribadi dari pemilik rumah, bila ingin lebih bagus. “Untuk pembangunan rutilahu, kami serahkan ke Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD). Namun kami (pihak desa) tetap lakukan pengawasan, agar program tersebut terlaksana sesuai aturan dan berjalan sesuai perencanaan,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan, LPMD dapat bekerja maksimal dan bagi penerima manfaat untuk berperan aktif saat pembangunan nanti. “Bagi warga yang belum mendapatkan program rutilahu tahun ini, mohon bersabar. Karena, masih dalam proses pengajuan,” pungkas Siti.(Supra/KC)