Ribuan Warga di Kecamatan Miskin Ekstrem Jadi Sasaran Sembako Bersubsidi

0
20

KABARCIREBON – Ribuan warga di lima kecamatan miskin ekstrem di wilayah Kabupaten Kuningan menjadi sasaran utama pelaksanaan kegiatan operasi pasar murah sembilan bahan pokok bersubsidi yang dilakukan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan.

Warga di Kecamatan Cimahi, Kecamatan Cidahu, Kecamatan Kalimanggis, Kecamatan Darma dan Kecamatan Cibingbin membeli paket sembako (5 kg beras premium, 1 liter minyak goreng kemasan dan 1 kg gula pasir kemasan) senilai Rp 100 ribu, hanya dengan mengeluarkan uang Rp 55 ribu.

“Untuk membantu sekitar 3.000 warga miskin ekstrem pada lima kecamatan, kita mensubsidi sebesar Rp 45 ribu per paket sembakonya. Kegiatan ini telah dilakukan sebelum lebaran tapi bakal dilanjut pula setelah lebaran,” ucap Kepala Diskopdagperin Kabupaten Kuningan, Uu Kusmana, Jumat (29/4/2022).

Menurutnya, kegiatan operasi pasar murah yang bekerjasama dengan Perum Bulog Cabang Cirebon tersebut merupakan upaya dalam membangun ekonomi kerakyatan untuk membangkitkan sektor ekonomi masyarakat. Tetapi mengacu pada basis data terpadu penanggulangan kemiskinan Kabupaten Kuningan.

Selain itu, kegiatan tersebut pun merupakan salah satu langkah untuk mengendalikan sekaligus menstabilkan harga barang kebutuhan pokok yang umumnya mengalami kenaikan saat menjelang hari besar keagamaan nasional. Hal itu seringkali diikuti kenaikan permintaan masyarakat pada barang kebutuhan pokok sehingga berdampak terhadap kenaikan harganya.

Sedangkan tingginya permintaan tersebut tidak diimbangi dengan kenaikan pasokan dan kurang efisiennya proses distribusi barang. Dan di sisi lain juga, penghasilan masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah, tidak mengalami perubahan sehingga barang kebutuhan pokok menjadi kurang terjangkau.

“Operasi pasar murah ini sebagai upaya menjaga agar masyarakat tetap mampu memenuhi kebutuhan barang dan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau,” jelasnya.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama berharap dengan adanya operasi pasar murah ini, sedikitnya dapat membantu meringankan beban biaya belanja yang harus dikeluarkan oleh masyarakat menjelang pelaksanaan Lebaran Idul Fitri 1443 H. Karena paket sembako yang dibeli telah disubsidi.(Yan)