Prioritas Membangun Gapura Perbatasan

0
46

PASALEMAN, (KC Online).- Pemerintah Desa Tonjong Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon, mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) setempat.

Kuwu Desa Tonjong, Yuherna mengatakan, Musrenbangdes diperlukan untuk menampung keinginan masyarakat. “Setelah dimusyawarahkan tingkat desa, akan kami bawa ke Musrenbang tingkat kecamatan dan kabupaten,” katanya, Kamis (20/1/2022).

Kuwu dua periode ini menjelaskan, dalam melaksanakan program desa tak lepas dari peran masyarakat maka diperlukan saran yang membangun untuk kemajuan desa. Usulan masyarakat antara lain, perbaikan infrastruktur jalan pertanian, gapura perbatasan kabupaten dan penerangan jalan umum (pju).

Kemudian usulan ini akan dipilah, sesuai kewenangan masing-masing.  “Bila kewenangan kabupaten akan diajukan ke kabupaten, tapi jika Kewenangan desa, akan dianggarkan dari anggaran desa,” jelasnya.

Masih dikatakan Yuherna, ada delapan skala prioritas dalam pembahasan Musrenbangdes antara lain bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.  Sesuai Peraturan Presiden (Perpres) nomor 104/2021, program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai desa paling sedikit 40 persen, program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 2O persen.

“Dukungan pendanaan penanganan Covid-19 paling sedikit delapan persen dan program sektor prioritas lainnya, sehingga akan sedikit pembangunan desa. Maka, akan upayakan dengan meminta bantuan ke kabupaten, provinsi dan pusat,” paparnya.

Camat Pasaleman, Wawan Gunawan menambahkan, Musrenbangdes ini sebagai usulan dari desa untuk paparkan pada Musrenbang tingkat kecamatan. “Setelah seluruh desa mengadakan Musrenbangdes, kami agendakan Musrenbang di kecamatan dengan dihadiri anggota DPRD dan dinas terkait,” imbuhnya.(Supra)