Dalam Rangka HPN, PWI Kolaborasi dengan Attaqwa Centre dan PMI Gelar Donor Darah

0
46

CIREBON, (KC Online).-

Dalam rangka kolaborasi menyambut Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cirebon bekerjasama dengan Attaqwa Centre Cirebon dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cirebon menggelar donor darah, Jumat (21/1/2022), di Gedung Attaqwa Centre Kota Cirebon.

Dalam kesempatan tersebut para wartawan khususnya pengurus PWI Cirebon mendonorkan darahnya. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, Fitria Pamungkaswati, Ketua PMI Kota Cirebon dr H Edial Sanif, Ketua Attaqwa Centre Kota Cirebon H Ahmad Yani, Ketua PWI Cirebon Alif Santosa dan para jurnalis di Cirebon. Bahkan, salah satu pengurus PWI Cirebon Saeful Badar mendapatkan penghargaan PMI Jabar atas dedikasinya mendonorkan darah lebih dari 50 kali.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Fitria Pamungkaswati menyampaikan apresiasi luar biasa terhadap PWI, Attaqwa Centre dan PMI atas terselenggaranya pelaksanaan donor darah. Pihaknya juga mendukung penuh kegiatan-kegiatan kolaborasi dari semua elemen dalam rangka kemanusiaan dan kepedulian. Ini, kata Fitria, sangat luar biasa dilakukan oleh PWI, PMI dan Attaqwa di tengah kondisi stok darah menipis di tengah pandemi ini.

“Kegiatan ini luar biasa. Apalagi akan dilaksanakan secara rutin ke depannya. Karena kemanusiaan lebih utama di kedepankan, dan rekan-rekan menunjukkan itu. Luar biasa,” ujar Fitria.

Dalam momentum Hari Pers Nasional tahun ini, lanjut Fitria, pihaknya mengapresiasi program dan langkah PWI yang menggandeng PMI untuk mengawali kepengurusannya lewat aksi kemanusiaan.

“Saya sangat apresiasi atas langkah yang diambil PWI Cirebon ini. Tentu ini harus dijaga, agar sinergitas tetap terawat untuk bersama-sama membangun daerah,” paparnya.

Sementara itu, Ketua At taqwa Centre H Ahmad Yani menyambut baik dan kolaborasi luar biasa antara pihaknya dengan PWI dan PMI dalam pelaksanaan donor darah. Kegiatan ini, kata dia, akan terus berlanjut ke depannya. Apalagi, untuk donor darah direncanakan digelar sebulan 2 kali di Attaqwa.

“Kita sempat berhenti untuk kegiatan donor darah ini selama pandemi. Tapi, sekarang dimulai lagi dan kolaborasinya luar biasa. Bersama PWI dan PMI ini akan terus kita lakukan kedepannya. Bukan hanya saat ini saja,” paparnya.

Pihaknya juga mengapresiasi setinggi-tingginya pada pengurus PWI Cirebon yang sangat peduli atas kemanusiaan, dan ini harus dipertahankan.

Ketua PWI Cirebon, Alif Santosa SH mengungkapkan, bahwa kegiatan yang berkolaborasi dengan Attaqwa Centre dan PMI ini langkah awal kepengurusannya saat ini.

Karena, kata dia, banyak program dan kegiatan PWI ke depan yang akan berkolaborasi bersama semua pihak dalam kemanusiaan, sosial, dan juga pembangunan.

“Ini langkah awal PWI untuk lebih mengedepankan kemanusian selain juga sesuai profesi kita. Dengan donor darah ini banyak manfaatnya baik kesehatan, amal serta lainnya. Karena kemanusiaan lebih utama dalam profesi kita,” paparnya.

Apalagi, masih kata Alif, stok darah di PMI selama pandemi menipis. Makanya, PWI bersama Attaqwa ikut mensukseskan program donor darah PMI dalam menyediakan stok darah untuk warga Kota Cirebon dan sekitarnya.

“Ini akan jadi program rutin PWI bersama PMI Kota dan Kabupaten Cirebon kedepannya. Jadi, bukan hanya saat ini saja kita lakukan,” kata dia.

Donor darah ini, kata Alif, sebagai rangkaian kegiatan PWI Cirebon mengisi Hari Pers Nasional (HPN) 2022. Menurutnya, banyak kegiatan dalam rangkaian HPN di Cirebon mendatang, dan salah satu puncaknya PWI Awards yang akan diberikan kepada para tokoh yang berkontribusi dalam berbagai bidang dan utamanya pembangunan daerah serta masyarakat.

“Ini rangkaian peringatan Hari Pers, dan banyak lagi kegiatan yang akan kami gelar dari PWI Cirebon,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua PMI Kota Cirebon, dr Edial Sanif mengapresiasi kolaborasi PMI, PWI dan Attaqwa Centre Kota Cirebon dalam pelaksanaan donor darah untuk memenuhi stok darah yang kian menipis ditengah pandemi ini.

Apalagi, kata dia, ada pengurus PWI yang melakukan donor hingga lebih dari 50 kali. Inibisa menjadi motivasi bagi para wartawan lainnya agar mengikuti kegiatan donor darah untuk kemanusiaan.

“Ini kolaborasi yang luar biasa di tengah stok darah menipis di PMI selama pandemi. Hadirnya PWI dan Attaqwa menjadi pendorong bagi masyarakat lainnya agar bisa mendonorkan darahnya,” ungkap dr Edial.

Lebih lanjut, Edial juga menyampaikan agar kegiatan yang sudah baik ini terus ditingkatkan kedepannya. Agar kehadiran PMI, PWI dan Attaqwa terus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Apalagi, menurutnya, momentum Hari Pers Nasional harus dimaknai akan pentingnya insan pers untuk mengedepankan kemanusiaan.(Rilis)