Cegah Penyebaran Covid-19, Puluhan Narapidana Peroleh Asimilasi

0
46
Udi/KC PULUHAN narapidana di Lapas Kelas II B Indramayu foto bersama saat memperoleh asimilasi, Senin (17/1/2022).*



INDRAMAYU, (KC Online).-

Sebanyak 29 narapidana (napi) di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Indramayu mendapatkan asimilasi, untuk menjalani sisa masa hukuman. Mereka bisa bebas lebih awal dari masa hukuman yang semestinya, dengan menjalaninya di rumah masing-masing.

Kepala Lapas Kelas II B Indramayu Beni Hidayat mengungkapkan, puluhan narapidana yang mendapatkan asimilasi tersebut sudah memenuhi syarat administrasi, untuk menjalani sisa masa hukuman di rumah. Pembebasan bersyarat ini merupakan salah satu upaya dalam mencegah penyebaran Covid-19 di dalam Lapas.

“Pemberian asimilasi ini merupakan perpanjangan Peraturan Menteri (Permen) sebelumnya. Untuk sekarang ini sudah 4 kali perpanjangan,” katanya, Senin (17/1/2022).

Menurutnya, pemberian asimilasi tersebut sudah diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 43 Tahun 2021 tentang Syarat Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak untuk Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Ia menyebutkan,  syarat narapidana yang diberikan hak asimilasi yakni harus memiliki kriteria tertentu. Di antaranya, bukan napi kasus narkoba dengan hukuman di atas 5 tahun, terorisme, korupsi, pembunuhan berencana, kasus asusila terhadap anak, residivis dan sebagainya.

“Secara keseluruhan, napi yang mendapatkan asimilasi ini sudah memenuhi persyaratan,” ucapnya.(Udi/Ratno)