BNN dan Gemma SI Sosialisasi P4GN

0
36

KUNINGAN, (KC Online).-
Generasi Muda Masjid Agung Syiarul Islam (Gemma SI) bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kuningan melakukan sosialisasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) melalui pembinaan para remaja, di Masjid Agung Syiarul Islam, belum lama ini.
Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Kuningan, Asep Budi Setiawan, mewakili bupati melakukan dialog interaktif optimalisasi P4GN beserta para remaja masjid dan Rohis SMA yang diikuti sebanyak 150 orang.
Mereka adalah perwakilan Rohis dari SMA, SMK dan Madrasah Aliyah (MA) yang ada di Kabupaten Kuningan. Selajutnya, para Rohis dari masing-masing sekolah terebut untuk disampaikan lagi pada teman-teman mereka yang ada di sekolah bersangkutan.
Sebanyak tiga narasumber dari BNNK Kuningan, Kasubag Umum Agus Mulya, Novi Husnul Khotimah dan Juju Junaedi, memberikan materi dengan judul “Strategi Penanggulangan Peredaran Gelap Narkotika di Indonesia”, kasubag umum dengan judul materi “Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dan Desa Bersinar (Bersih Narkoba)”.
Sedangkan penyuluh BNN memaparkan judul atau memberikan materi “Pahami Bahaya Narkoba, Kenali Penyalahgunaannya dan Segera Rehabilitasi”.
Menurut Asep Budi Setiawan, masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di wilayah Indonesia sudah merambah ke daerah-daerah hingga ke tingkat desa berdasarkan data dari banyaknya kasus narkoba yang terjadi di masyarakat selama ini.
Ketua DKM Syiarul Islam Kuningan, H.R. Yayan Sofyan , didampingi Pembina Gemma SI, Asep Kamaludin, menjelaskan, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas dalam upaya P4GN serta mampu membangun kesadaran dan peran serta remaja masjid dalam menciptakan lingkungan yang terbebas dari penyalahgunaan narkoba.
Selain itu, mampu meningkatkan pemahaman tentang bahaya narkoba sehingga para remaja atau generasi muda terhidar dari bahaya penyalahgunaan barang haram tersebut.
“Remaja masjid dan Rohis harus memberikan kontribusi terhadap upaya P4GN serta mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk ikut memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” ujar H Yayan.
Untuk mewujudkan sumber daya manusia unggul dan tangguh harus dilaksanakan sedini mungkin. Yakni dengan melindungi dan menjaga genedrasi muda kita agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.
Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, selalu waspada terhadap sekeliling lingkungannya dan upaya pencegahan harus dimulai dari lingkungan terdekat khususnya keluarga.(Emsul/KC)