Anak Pangenan 70 Persen Sudah Divaksin

13

PANGENAN, (KC Online).- Puskesmas Pangenan Kabupaten Cirebon terus lakukan vaksinasi ‘merdeka’ anak usia 6-11 tahun, dengan mendatangi sekolah yang ada di wilayah tersebut.

Kepala Puskesmas Pangenan, dr. Arya mengatakan, sejak adanya anjuran dari pemerintah mengenai vaksinasi anak usia 6-11 tahun, pihaknya langsung bergerak dengan mendatangi sekolah dasar (SD) yang menjadi sasaran vaksinisasi.

“Alhamdulillah, dua hari pelaksanaan vaksinasi sudah mencapai hampir 70 persen atau sekitar 3.154 anak dari wajib vaksin kisaran 4.590 anak,” katanya saat ditemui “KC” di ruang kerjanya, Kamis (13/1/2022).

Arya menjelaskan, vaksinasi sangat diperlukan guna mencegah terpapar Covid 19, sehingga secara bertahap dilaksanakan di berbagai tempat. Tak hanya vaksinasi bagi anak-anak di sekolah juga mendatangi rumah anak tersebut yang akan divaksin.

“Selain itu, kami juga terus lakukan vaksinasi bagi dewasa dan lansia. Hal ini terkait masih adanya Covid 19 yang melanda di Indonesia, khususnya di Kabupaten Cirebon,” jelasnya.

Masih dikatakan Arya, dalam pencegahan dan penanganan Covid 19 menjadi tanggung jawab seluruh pihak, termasuk mensukseskan vaksinisasi Covid 19. “Ditargetkan, Sabtu (15/1/2022) vaksinasi bagi anak 6-11 tahun tercapai 100 persen. Dengan tanpa mengesampingkan vaksinasi bagi dewasa dan lansia,” ujarnya.

Dirinya mengimbau pada seluruh masyarakat untuk saling mengingatkan dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) setiap hari. “Besar kemungkinan, dengan melaksanakn 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas, dapat mencegah terpapar Covid 19,” tuturnya.

Sementara itu, vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Desa Karangmangu Kecamatan Susukanlebak, berlangsung histeris. Seperti yang terlihat di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tarbiyatul Athfal desa setempat, anak yang akan divaksin menangis.

Menurut Kepala MI Tarbiyatul Athfal, Siti Habibatilul Azizah, secara umum orang tua murid mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anaknya. “Sekitar 138 murid yang mengikuti vaksinasi di sekolah dan diharapkan dengan tervaksinnya murid, belajar tatap muka dapat dilaksanakan 100 persen dan pembelajaran kembali normal,” ungkapnya.

Sekretaris Desa (Sekdes) Karangmangu, Iing menambahkan, vaksinisasi bagi anak usia 6-11 tahun atau anak sekolah sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh seseorang dari Covid 19.  “Kami ucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang berperan aktif dalam kegiatan vaksinasi, baik di sekolah maupun di balai desa,” imbuhnya.(Supra)