Fosil Gigi Megalodon Ditemukan di Sungai Desa Nunuk Baru

0
68

MAJALENGKA, (KC Online).-
Masyarakat Kabupaten Majalengka dihebohkan dengan penemuan yang diduga kuat sebuah fosil berusia ratusan tahun yang menyerupai gigi dari ikan hiu Megalodon.
Penemuan barang langka itu ditemukan di sebuah sungai di Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka.
“Benda yang ditemukan itu seperti gigi ikan hiu, setelah kami mencari dari berbagai sumber di internet. Dari hasil pengamatan itu identik dengan gigi ikan raksasa,” kata Yanto penemu gigi benda purbakala tersebut.
Dikatakan dia, benda purba itu didapati di Sungai Cisuluhan dengan posisinya terselip batu. Ketika ditemukan sekitar dua pekan yang lalu.
“Benda antik kami temukan itu panjangnya sekitar 13 sentimeter.
Beratnya sekitar 2 ons dan panjang 13 sentimeter,” kata Yanto saat berbincang di balai desa setempat, Kamis (13/2/2022).

Menurut dia, penasaran dengan benda yang dilihatnya, ia mengaku mencari tahu lewat mesin pencarian Google. Dari hasil pengamatanya, diyakini jika benda itu merupakan gigi hiu jenis megalodon.

“Saya coba searching di Google, ternyata bentuknya memang mirip. Tapi untuk membuktikan semua itu, membutuhkan penelitian lebih mendalam, guna memastikan apakah ini benar gigi hiu megalodon atau bukan,” jelasnya.
Masih dikatakan dia, penemuan barang antik itu memiliki karakter yang sama dan pernah terjadi satu tahun yang lalu. Tapi, temuan yang pertama berukuran lebih kecil ketimbang saat ini.

“Mungkin yang pertama itu gigi graham dan itu ditemukan di Blok Cikadut,” tuturnya.
Penggiat sejarah lokal Grup Madjalengka Baheula (Grumala) Naro ikut mengomentari penemuan tersebut. Menurut dia, tidak menutup kemungkinan Desa Nunuk Baru dulunya berupa lautan sebelum terjadi seperti sekarang ini.
Dari hasil pengatamannya, secara fisik benda itu mirip berbentuk gigi. Di bagian pinggir, nampak benda itu berbentuk gerigi yang cukup tajam.

Baca Juga  Jelang Puncak Haji, 30 Calhaj Majalengka Berisiko Tinggi

“Sekarang ditemukan benda yang diduga gigi hiu megalodon, di wilayah itu juga banyak terdapat batu karang,” katanya.
Namun untuk membuktikan semua itu, lanjut dia, diperlukan penelitian lebih komprehenship guna menyikap tabir tersebut.
“Desa Nunuk Baru itu daerah yang terpencil di Kabupaten Majalengka dan di sana banyak sekali terdapat kearifan lokal yang masih terpelihara hingga saat ini,” tuturnya.(Jejep/KC)