Pansel Tetapkan Peserta Open Bidding yang Lolos Tiga Besar

13
Yan/KC KETUA Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Kabupaten Kuningan, H. Dian Rachmat Yanuar.*

KUNINGAN, (KC Online).-

Panitia Seleksi (Pansel) Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Kabupaten Kuningan menetapkan peserta open bidding yang masuk tiga besar, dari enam posisi jabatan eselon II yang dilamar, pada Kamis (25/11/2021).

“Sesuai tugas, pokok dan fungsi (tupoksi), pansel berwenang sampai penentuan tiga besar terbaik  saja. Karena nantinya menjadi ranah Pak Bupati  untuk memilih langsung, siapa saja pejabat yang dianggap layak untuk diberikan kepercayaan,” kata  Ketua Pansel Terbuka JPT Pratama Kabupaten Kuningan H. Dian Rachmat Yanuar.

Menurutnya,  penetapan tiga besar ini bukanlah asal tunjuk. Tapi merupakan hasil kesepakatan semua unsur pansel, yang didasarkan pada akumulasi penilaian dari semua tahapan seleksi yang dilakukan secara transparan dan obyektif sesuai aturan.

Mulai dari seleksi administrasi, penelusuran rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas. Kemudian tahapan penulisan makalah, yang berisi inovasi menjawab isu aktual tentang kawasan ekonomi Rebana dan penerapan digitalisasi birokrasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Setelah itu dilakukan tahapan tes kompetensi, wawancara dan pemaparan makalah.

Sementara itu, mengacu pada Surat Keputusan (SK) Pansel Terbuka JPT Pratama Nomor : 821.27/17/Pansel, peserta open bidding yang lolos tiga besar terbagi pada enam jabatan yang dilamar. Yakni jabatan  Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), terdiri dari Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda, H. Ahmad Juber, Kepala Bagian  Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokim), Asep Budi Setiawan dan Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Kemasyarakatan (Dikmas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Carlan.

Kemudian jabatan  Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik terdiri dari Sekretaris Inspektorat H. Deden Kurniawan Sopandi, Sekretaris Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda), Laksono Dwi Putranto dan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), H. Muhamad Mutofid.

Sedangkan untuk jabatan kepala Dinas Perhubungan (Dishub), ada  Camat Cigugur, Bagja Gumelar, Camat Kramatmulya, Guruh Irawan Zulkarnaen dan Sekretaris Disdikbud, H. Muhamad Mutofid. Lalu di jabatan kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian,  terpilih Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda, H. Ahmad Juber, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Jumhari serta Kepala Bidang Pengelolahan Hasil dan Konsumsi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, H. Sanusi.

Selanjutnya jabatan kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) terdiri dari Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Disdikbud, Carlan, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, H. Eka Mulyawan dan Camat Jalaksana, Toni Kusumanto. Untuk jabatan kepala Bappenda ada Camat Kramatmulya, Guruh Irawan Zulkarnaen, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil),  Ujang Jaidin serta Sekretaris Bappenda, Laksono Dwi Putranto.

Setelah penetapan tiga besar ini,  sejumlah peserta open bidding lainnya harus tersingkir dari seleksi. Namun pejabat yang lolos tiga besar juga masih harus berharap-harap cemas. Karena tidak jaminan akan menjadi pejabat eselon II.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama baru akan menentukan sikapnya secara resmi pada 10 Desember 2021, untuk memilih satu dari tiga terbaik yang disodorkan pansel, untuk mengisi posisi jabatan eselon II yang kosong.(Yan)