Penerapan SPBE Bisa Tekan Praktik Pungli

21
Yan/KC SEKRETARIS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan H. Muhamad Mutofid.*

KUNINGAN, (KC Online).-

Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), diyakini mampu meningkatkan kinerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD) menuju ke arah yang lebih baik dalam segala hal.

“Dengan penerapan SPBE, pasti perilaku pungutan liar (pungli) bisa diminimalisir,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kuningan H. Muhamad Mutofid,  Rabu (24/11/2021).

Menurutnya,  dengan sistem serba elektronik, akan mampu memberikan pelayanan terhadap masyarakat secara maksimal, cepat dan tepat sekaligus transparan. Namun untuk menunjang hal itu, perlu peningkatan sumber daya manusia pegawainya.

Dikatakan peserta seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama ini, pola pikir (mindset) para pegawai yang malas dan serba lambat dalam pelaksanaan kinerjanya, harus dirubah ke arah yang lebih baik sesuai dengan tuntuan zaman. Sehingga kebiasaan lama yang harus tatap muka ketika akan memberikan pelayanan sehingga lambat, dirubah agar bisa bekerja cepat dengan berbasis elektronik.

“Kalau dipercaya menjadi kepala Dinas Perhubungan yang pegawainya sangat banyak, saya akan merubah perilaku lama ke perilaku baru. Mereka bakal diarahkan menguasai teknologi supaya mampu memberikan pelayanan terbaik yang serba cepat dan tepat,”katanya.

Ia mengungkapkan,  sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 47 Tahun 2021 tentang Kawasan Jabar Bagian Selatan, Kabupaten Kuningan tidak boleh jadi penonton saja, tapi harus  mampu memanfaatkan peluang tersebut secara maksimal untuk kemajuan pembangunan daerah.

Mengingat salah satu tujuan dari perpres tersebut pun untuk menghilangkan kemiskinan dan kelaparan. Ditambah lagi, banyak keuntungan yang bisa diambil. Karena bakal dilakukan pembangunan yang jor-joran di kawasan Jabar Bagian Selatan dan akan terjadi investasi luar biasa di berbagai bidang.

“Sangat rugi jika Kuningan tidak mampu memanfaatkan peluang yang sangat luar biasa tersebut,”  ujarnya.

Sementara itu, Mutofid juga berjanji, jika dipercaya menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, akan tetap akan memberikan kontribusi berupa kajian dan masukan yang baik untuk kemajuan pembangunan daerah. Di antaranya menyarankan bupati untuk menyelenggarakan SPBE secara menyeluruh di semua lini. Karena dampaknya sangat baik untuk kemajuan penyelenggaraan pemerintahan.(Yan)