Jelang Nataru, Bulog Cirebon Gencarkan Operasi Pasar

22

CIREBON, (KC Online).-

Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Perum Bulog Cabang Cirebon akan menggelar Operasi Pasar Murah (OPM). Upaya tersebut dilakukan dalam manjaga keterjangkauan harga kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat.

Pimpinan Perum Bulog Cabang Cirebon, Budi Sultika mengungkapkan, menjelang momen-momen besar seperti Natal dan Tahun Baru diprediksi harga kebutuhan bahan pokok di masyarakat mengalami kenaikan.

“Kita memiliki instrumen dan pemantuan harga. Karenanya, di saat menghadapi momen besar seperti jelang Natal dan Tahun Baru ini, Bulog harus hadir di tengah-tengah masyarakat, dan tidak hanya sekedar memastikan harga komoditas kebutuhan bahan pokok lebih terjangkau juga tersedia,” ujar pengganti Budi didampingi Wakil Pimpinan Bulog Cabang Cirebon Abdillah Luhur, Rabu (24/11/2021).

Dalam kegiatan operasi pasar murah, Bulog akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan masing-masing pemerintah daerah setempat guna membantu menstabilkan harga komoditas bahan pokok pada saat menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Kita pastikan dan nantinya bisa dicek pada masing-masing institusi terkait mengenai kebutuhan bahan pokok apa saja yang mengalami kenaikan harga, karena yang menjadi fokus kita saat ini operasi pasar minyak goreng dan gula pasir yang trendnya kini tengah mengalami kenaikan. Namun kalau komoditas beras itu dari sisi ketersediaan dan harganya masih dijamin aman,” papar Budi.

Dalam memenuhi ketersediaan gula pasir dan minyak goreng, sebelumnya Bulog Cabang Cirebon pada tanggal 16 – 17 November 2021 juga menggelar operasi pasar di Kabupaten Cirebon. Gula pasir dijual dengan harga Rp 12 ribu per kilogram, sadangkan minyak gorang dijual dengan harga Rp 18 ribuan per liter.

“Karenanya, diminta atau tidak diminta operasi pasar harus tetap bisa kita jalankan. Apalagi, kegiatan operasi pasar tersebut dalam turut membantu pemerintah daerah menstabilkan harga bahan pokok di masyarakat,” tambah Budi.(Epih)