24 Kota Kabupaten Ikuti BK Cabor Selam, Wali Kota: Kegiatan Ini Ajang Memotivasi Atlet-atlet Muda Berprestasi

16

CIREBON, (KC Online).- Wali Kota Cirebon, H. Nashrudin Azis membuka perhelatan Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (BK Porprov) Jawa Barat XlV tahun 2021 Cabang Olahraga (Cabor) Selam di Kolam Prestasi Chaterine Surya Kompleks Stadion Bima, Kota Cirebon.

“Ini harus kita syukuri, kegiatan ini pelepas rindu untuk atlet-atlet kita. Kejuaraan ini juga dapat dijadikan ajang untuk memotivasi atlet-atlet muda, khususnya dari Kota Cirebon untuk menunjukan prestasi mereka di bidang olahraga selam,” kata Nashrudin Azis kepada “KC”, Selasa (23/11/2021).

Pada kesempatan itu, Wali Kota Cirebon juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Danlanal Cirebon dan jajarannya sebagai pembina dan pengurus Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI). “Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Danlanal Cirebon. Juga kepada KONI serta Dinas Pemuda dan Olahraga,” tutur Azis.

Sehingga, kejuaraan selam ini dapat terlaksana di Kota Cirebon. Kolaborasi dan sinergi mereka lakukan dengan baik hingga kejuaraan daerah selam ini dapat digelar. “Kejuaraan daerah selam ini juga dapat menggairahkan kembali dunia olahraga di Kota Cirebon,” ujarnya.

Wali Kota Cirebon juga berpesan, untuk tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes) dengan ketat. “Minimalnya menggunakan masker, dikarenakan pandemi Covid-19 masih berlangsung. Dengan tetap menjalankan prokes dapat menghindari dari keterpaparan terhadap Covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu Danlanal Cirebon, Letkol Laut (P) Ainul Muslimin, S.E., M.Tr.Hanla., M.M. menjelaskan, penyelenggaraan kejuaraan selam kali ini dapat melepaskan kerinduan. “Selama pandemi Covid-19 banyak kegiatan yang dilarang. Dengan kejuaraan selam ini dapat melepaskan kerinduan kita,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ainul juga menambahkan bahwa setiap tahun kejuaraan yang sama akan digelar setiap tahun dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Armada. “Perkiraan sekitar November. Rutin setiap tahun,” imbuhnya.

Ainul berharap, melalui kejuaraan ini prestasi atlet selam semakin membaik. “Harapannya dari event ini dapat mengukur kemampuan atlet untuk meraih prestasi serta terjadi regenerasi pada olahraga selam,” harapnya.

Sementara  Ketua Umum POSSI Kota Cirebon, Nurhayat mengungkapkan, BK Porprov Jawa Barat XIV Cabang Olahraga (Cabor) Selam tahun 2021 diikuti oleh 53 klub, 24 kabupaten kabupaten Pengcab se Jawa Barat dan 451 atlet yang bertanding di 1.102 nomor.

Kejuaraan daerah selam ini juga untuk menggali potensi dini atlet selam karena ini dibagi menjadi empat kelompok usia diantaranya 10-11 tahun, 12-13 tahun, 14-15 tahun dan junior usia 16-17 tahun. “BK ini untuk di Nomor Kolam saja, sebab BK Nomor Laut sudah terseleksi dan sudah dilaksanakan, Kota Cirebon sendiri sudah lolos,” ungkapnya.

Dalam kesempatannya, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cirebon, Hj. Wati Musilawati mengatakan, baru Cabor Selam yang baru melaksanakan menjadi tuan rumah karena wacananya ada Cabor lain diselenggarakan di sini.

“Saya berharap bisa memberikan suatu prestasi sehingga lolos ke babak utama dan berhasil mencuri medali emas di Porprov nanti karena Cabor Selam ini di Porda kemarin menyumbangkan dua medali emas,” tutup Wati.(Jaka)