Reses, Agung Supirno Tinjau Kios dan Sarpras di Pasar Harjamukti

43

CIREBON, (KC Online).-

Sarana dan prasarana di Pasar Harjamukti, Kota Cirebon, direncakan akan dilakukan perbaikan. Perbaikan akan dilakukan oleh Koperasi Pasar (Koppas) Bina . Perbaikan ini dikarenakan beberapa sarana dan prasarana di pasar tersebut rusak, seperti jalan, atap kios dan lainnya.

Manager Koppas Bina Karya, Yodi Rudiantono mengatakan, saat musim hujan pihaknya akan memantau jalan- jalan yang rusak, termasuk atap yang bocor. Koppas Bina Karya sendiri merupakan pengelola Pasar Harjamukti Kota Cirebon.

Rehabilitasi secara berkala bagian dari upaya Koppas Bina Karya untuk ‘merayu’ pedagang. Sebab, hingga saat ini dari 1.500 tempat usaha yang disediakan Koppas Bina Karya, tak sepenuhnya diisi oleh pedagang.

“Masih sekitar seribuan. Bulan lalu juga kita sudah tertibkan pedagang yang di depan untuk masuk ke dalam pasar. Totalnya ada sekitar 250 pedagang,” kata Yodi di kantornya, Sabtu (17/10/2021).

Dalam waku dekat, dikatakan Yodi, pihaknya akan membersihkan sejumlah kios atau tempat usaha yang kotor karena belum ditempati. Rencananya, akan dilakukan bertahap. Sebab jika langsung dilakukan membutuhkan biaya besar.

Sementara itu, anggota Komisi II DPRD Kota Cirebon Agung Supirno mendukung upaya Koppas Bina Karya dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan pengelolaan Pasar Harjamukti. Agung juga sempat meninjau beberapa kios pedagang dan sarpras yang rusak saat reses di Pasar Harjamukti.

“Penertiban pedagang harus dilakukan. Di sisi lain, Koppas Bina Karya juga harus menyiapkan sarpras. Ketika sarpras siap, pedagang yang diterbitkan siap untuk berjualan di dalam pasar,” kata Agung usai reses.

Wakil rakyat dari Fraksi Partai Golkar ini mengatakan peningkatan pelayanan dan perbaikan fasilitas harus dilakukan. Pasar harus memberikan kenyamanan bagi pembeli dan penjual.(Iskandar)