Inseminasi Buatan, Salah Satu Solusi Dapatkan Buah Hati

33

CIREBON, (KC Online).-

Bagi masyarakat Cirebon kini tidak perlu pergi jauh untuk melakukan program kehamilan, seperti inseminasi buatan. Sebab, Klinik Fertilitas Indonesia kini telah diresmikan oleh Cideng Medical Center Cirebon.

Selain tindakan inseminasi buatan atau IUI di Klinik Fertilitas Indonesia Cideng Medical Center juga bisa melakukan pemeriksaan analisa sperma dan konsultasi program kehamilan.

“Infertilitas adalah kegagalan suatu pasangan untuk mendapatkan kehamilan sekurang-kurangnya dalam 12 bulan dengan berhubungan seksual secara teratur tanpa kontrasepsi. Penyebabnya antara lain dari faktor pria dan wanita hingga penyebab yang tidak dapat dijelaskan, pria dan wanita mempunyai besaran kontribusi yang sama” terang dr. Moehamad Irfan, Sp.OG, MARS Klinisi dari Klinik Fertilitas Indonesia Cideng Medical Center, di sela peresmian, Sabtu (16/10/2021).

Salah satu dari program kehamilan adalah inseminasi buatan. Inseminasi buatan atau Intrauterine Insemination (IUI) merupakan program kehamilan dengan metode mendekatkan sperma (yang sudah melalui proses washing sperm) dengan sel telur secara natural di dalam rahim. Tujuannya yakni meningkatkan jumlah sperma yang berhasil sampai di tuba falopi. Dengan begitu, metode ini diharapkan mampu meningkatkan kesempatan sel telur untuk dibuahi sperma.

Moehamad Irfan juga menjelaskan syarat minimal dari wanita adalah salah satu saluran telur tidak tersumbat, dan dari pria sperma bergerak > 5 jt dan atau konsentrasi sperma > 10 jt.

Klinik Fertilitas Indonesia sudah berdiri sebanyak 56 cabang di seluruh Indonesia dan Cideng Medical Center merupakan cabang ke-19. Selain di Cirebon, Klinik Fertilitas Indonesia ada di kota besar lainnya seperti Palembang, Solo, Sragen, Jakarta, Serang, Lampung, Samarinda dan kota-kota lainnya. Akan segera menyusul di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

“Kami ingin membantu lebih banyak pasutri untuk mewujudkan mimpi memiliki buah hati. Karenanya, hari ini Klinik Fertilitas Indonesia secara resmi hadir di Cideng Medical Center,” ujar Kemal Pasha Siagian sebagai Head of Klinik Fertilitas Indonesia.(Epih)