Perekonomian Cirebon di Triwulan II 2021 Mengalami Perbaikan

12

CIREBON, (KC Online).-

Berdasarkan hasil survey Kantor Bank Indonesia (BI) Wilayah Cirebon mengindikasikan perekonomian di wilayah Cirebon pada triwulan II 2021 mengalami perbaikan.

Hal ini tercermin dari akselerasi kegiatan dunia usaha dan peningkatan omzet penjualan eceran, selain diikuti dengan meningkatnya optimisme konsumen khususnya yang berkaitan dengan penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja. Sementara, untuk perkembangan harga dari beberapa komoditas strategis juga masih relatif terjaga.

Kepala Bank Indonesia Wilayah Cirebon, Bakti Artanta mengungkapkan, meski pada triwulan II kecendrungan mulai membaik, namun pada triwulan III sedikit melambat.

“Kita harapkan ini masih bisa ke arah yang lebih positif, sekalipun memang pergerakannya sendiri pada bulan-bulan kemarin itu sedikit melambat, dikarenakan sebagaimana kita ketahui adanya PPKM,” tutur Bakti di Kantor Bank Indonesia Cirebon, Kamis (14/10/2021).

Kondisi ini, lanjut Bakti, perlu terus dijaga dan dicermati, terlebih dengan diperlonggarnya masa PPKM.

“Sepanjang masyarakatnya tidak abai, selain trend tingkat kunjungan ke sejumlah hotel, maupun objek wisata mulai terlihat naik, juga dari geliat usaha di wilayah Cirbeon ini sudah mulai terlihat, Insya Allah ekonomi hingga akhir tahun ini masih bisa tumbuh,” ujarnya.(Epih)