Pemilih Pilkada Harus Tumbuhkan Kematangan dan Keadaban Berdemokrasi

17
Emsul/KC BUPATI Kuningan, H Acep Purnama, sosialisasikan undang-undang pemilihan kepala daerah, di Gedung Diklat BKPSDM Kabupaten Kuningan, Rabu, (13/10/2021).*

KUNINGAN, (KC Online).-

Warga Kabupaten Kuningan yang memiliki hak pilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada), hendaknya mampu menumbuhkan kematangan dan keadaban dalam kehidupan berdemokrasi sesuai pilihan hati nurani masing-masing.

Hal itu disampaikan Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, dalam  kegiatan Sosialisasi Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah,  di Gedung Diklat BKPSDM Kabupaten, Rabu (13/10/2021).

“Kepada para pemilih pemula perlu mengetahui masalah ilmu politik secara umum maupun masalah pilkada secara khusus. Sehingga tidak mudah untuk dipengaruhi dalam menentukan pilihannya.Kepada para peserta yang mengikuti kegiatan ini, pada umumnya adalah para pemilih pemula, agar bisa mendapatkan ilmu dari para  narasumber. Sehingga kehadiran saudara pada kegiatan ini tidak  menjadi sia-sia,” kata H. Acep Purnama.

Ia mengungkapkan,  perkembangan zaman yang dibarengi dengan kemajaun ilmu dan tekhnologi,  dapat mempengaruhi serta mengubah pola pemikiran,  sikap dan perilaku para pemilih pemula yang notabene adalah para generasi muda. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka penting diberikan arahan dengan memberikan pemahaman yang benar tentang berpolitik. Sehingga tumbuh kematangan dan keadaban dalam berdemokrasi. Sekaligus hasil demokrasi yang dicapaipun akan menjadi baik jika demokrasi sudah terbentuk seperti itu.

“Maka dengan sendirinya demokrasi menjadi tegak berdiri, untuk menyeleksi para pemimpin pemerintahan dan wakil rakyat yang benar-benar bekerja untuk kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Menurutnya, walaupun sebagai pemilih pemula, peran dan kontribusi dalam penegakan demokrasi dapat menjadi terbuka lebar, untuk kepedulian yang besar terhadap perkembangan dan kemajuan di daerahnya. Sehingga pada diri mereka harus ada kepedulian terhadap perkembangan dan kemajuan daerahnya masing-masing.

Pada kegiatan tersebut menghadirkan pemateri, yakni Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda dan  Sekretaris Daerah (Sekda) H  Dian Rachmat Yanuar.(Emsul)