Kerawanan Pilwu Mulai Dipetakan

10
WAKIL Bupati Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih bersama Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, dan Kadinkes, Hj. Enny Suhaeni, saat monitoring Vaksinasi massal di Desa Karangsuwung, Kecamatan Karangsembung Kabupaten Cirebon, Kamis (14/10/2021).* Ist/KC

CIREBON, (KC Online).-

Polresta Cirebon memetakan kerawanan Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak 2021, termasuk koordinasi dan komunikasi dengan Polres Cirebon Kota. Kerawanan ini harus harus dipetakan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurut Kapolresta Cirebon, Kombes Arif Budiman, ada beberapa desa yang masuk wilayah hukum Polres Cirebon Kota saat pilwu serentak berlangsung, antara lain, Kecamatan Gunungjati, Suranenggala dan Kapetakan, maka untuk mencegah kerawanan akan koordinasi dengan Polres setempat.

“Kami sedang memetakan kerawanan pilwu serentak, termasuk koordinasi dan komunikasi dengan Polres Cirebon Kota,” katanya di sela monitoring vaksinasi Covid-19 massal di Desa Karangsuwung, Kecamatan Karangsembung, Kamis (14/10/2021).

Arif menjelaskan, saat pelaksaan pilwu nanti, tidak hanya di tiap TPS dijaga anggota Polri, namun tempat strategis seperti kecamatan dan Polsek. Hal ini bertujuan, untuk mempercepat penanganan ketika ada hal yang tidak diinginkan. “Secara umum, belum ada kerawanan yang menonjol. Namun kami tetap waspada, agar pelaksanaan pilwu serentak terlaksana lancar dan kondusif,” jelasnya.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di desa tersebut ditargetkan sekitar 1.216 orang. “Berbagai upaya dilakukan untuk mempercepat vaksinasi, antara lain, door to door ke rumah warga dan mengadakan vaksinasi massal di balai desa. Mari sukseskan vaksinasi dengan mendatangi tempat vaksin di mana pun,” ajak Arif.

Sebelumnya, ribuan personel gabungan siap mengamankan Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon. Mereka merupakan para personel dari Polresta Cirebon, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Satpol PP, Linmas dan lainnya.

Kombes Arif mengatakan, total personel terdapat 4.143 orang yang dikerahkan untuk pengamanan Pilwu Serentak 2021. Mereka bakal diterjunkan untuk mengamankan seluruh tahapan pilwu tersebut.

“Kami pastikan seluruh personel telah siap untuk mengamankan Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon. Tahapan pelaksanaan pilwu telah berjalan sejak bulan September 2021 lalu,” kata Arif.

Ia mengatakan, seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pilwu Serentak 2021 terdiri dari 1561 personel Polri dan 2582 personel gabungan dari unsur TNI, Satpol PP, Linmas, pemerintah kecamatan dan lainnya.

Menurutnya, saat ini tahapan Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon akan memasuki tahap seleksi akademis bagi desa yang memiliki bakal calon kuwu lebih dari lima orang. Terdapat beberapa desa yang akan melaksanakan seleksi akademis bagi bakal calon kuwu.

Selain itu, Pilwu Serentak 2021 akan digelar di 135 desa se-Kabupaten Cirebon. Namun, dari jumlah tersebut hanya 112 desa yang masuk ke wilayah hukum Polresta Cirebon. Sedangkan 23 desa lainnya berada di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.(Supra)