Hero Sebut Perizinan untuk UMKM Harusnya Dipermudah dan Gratis

19

CIREBON, (KC Online).-

Pelaku UMKM diminta untuk bisa memahami tata cara mengurus perizinan untuk usahanya. Salah satu upaya untuk UMKM agar bisa memahami tata cara tersebut yaitu puluhan pelaku UMKM di kota dan Kabupaten Cirebon mengikuti sosialisasi upaya pemulihan ekonomi melalui penerangan perizinan berusaha berbasis risiko bagi UMK melalui Sistem Online Single Submission (OSS) yang diselenggarakan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Anggota Komisi VI DPR RI, H. Herman Khaeron yang menjadi salah satu pembicara pada sosialisasi ini mengatakan, para pelaku UMKM saat ini dinilai sangat tergantung kepada regulasi.

Oleh sebab itu, Herman Khaeron meminta praktisi UMKM memahami tata cara mengurus perizinan.

“Oleh karena itu, sosialisasi hari ini supaya masyarakat atau pelaku UMKM memahami betul bahwa perizinan- perizinan yang saat ini bisa ditempuh secara mudah, jangan sampai nanti implementasinya sulit,” kata Herman Khaeron seusai sosialisasi di salah satu Hotel di Kota Cirebon, Rabu (13/10/2021).

Pada sosialisasi ini, para pelaku UMKM umumnya menanyakan mengenai regulasi. Menurut Herman Khaeron, pihaknya dan Kementerian Investasi/BKPM menjadikan catatan apa yang disampaikan para pelaku UMKM ini.

“Ini menjadi catatan- catatan dari Kementerian Investasi/BKPM untuk memberikan bantuan secara khusus agar kemudahan regulasi di dalam melaksanakan kegiatan usahanya betul- betul terwujud sampai tingkat yang paling kecil,” katanya.

Bahkan, menurut Herman Khaeron, untuk skala UMKM semestinya dipermudah dan tidak dipungut biaya. Hal ini dimaksudkan agar usaha pelaku UMKM lebih mudah untuk dijalankan. Di sisi lain, Herman Khaeron menilai banyak keluhan dari para pelaku UMKM, di antaranya yakni dari sisi permodalan, pemasaran dan produksi.

“Oleh karena itu ini menarik bagi saya untuk nanti turut serta membantu meringankan dan mendorong untuk usaha mereka agar lebih berkembang. Ada produi herbal, kerajinan tangan, makanan dan usaha lainya yang mneurut saya kita tetap harus turun tangan, harus membantu mereka dalam melakukan akselerasi dalam membangun usahanya,” tuturnya.(Iskandar)