Unik, Masa Pandemi Pasar Pickup Malah Naik

19
Epih/KC SUPERVISOR Astra Isuzu Cirebon Imam Firmansyah berfoto dengan kendaraan segmen medium pickup andalannya.*

CIREBON, (KC).-

PT Astra Isuzu Cabang Cirebon menguasai 35 persen untuk pangsa pasar  kendaraan komersil di wilayah Cirebon. Pasar terbesar disumbang segmen medium pickup, dengan menguasai total market hingga mencapai 26,2 persen.

Supervisor Astra Isuzu Cirebon Imam Firmansyah menyatakan, meski penjualan kendaraan segmen komersil secara keseluruhan menurun 20 persen. Namun, untuk total penjualan Isuzu di wilayah Cirebon mengalami kenaikan.

“Misalnya pada segmen medium pickup Traga, penjualannya sendiri itu justru mengalami kenaikan 8,1 persen dari Juni 2020 atau dengan total market share 26,2 persen. Untuk Traga, kita bisa menjual 13 unit dalam setiap bulannya,” tukas Iman, Rabu (13/10/2021).

Secara keseluruhan total market share Isuzu pada wilayah Cirebon ini menguasai sekitar 35 persen dari pangsa pasar kendaraan komersil. Penujualan Isuzu, selain didominasi segmen medium pick up, juga disokong penjualan Isuzu Elf dan Isuzu Giga, dengan penguasaan market share mencapai 17,9 persen sampai posisi Mei 2021.

“Unik memang, pada saat situasi dan kondisi seprti pandemi. Pangsa pasar Isuzu, terutama segmen medium pickup (Traga) justru mengalami pertumbuhan,” ujarnya.

Lantas apa yang telah membuat pangsa pasar kendaraannya tetap survive di tengah-tengah masa pandemi seperti sekarang ini? Firman mengungkapkan, hal tersebut tidak terlepas dari upaya dan strategi pihaknya dalam mengambil ceruk pasar potensial.

“Masih ada beberapa potensi bisa mengabil ceruk pasar, misalnya dari kalangan jasa ekpedisi atau distributor pengiriman paket barang. Mereka ini pada saat situasi dan kondisi pandemi dari sisi aktivitas bisnisnya tidak terlelu terdampak. Dan ini menjadi segmen pasar kendaraan komersil kami,” tutur Imam.

PT Astra Isuzu Cirebon hingga akhir tahun ini menargetkan dapat meraih lebih dari 35 persen pasar kendaraan komersial. “Di mana, dari rata-rata 40 – 45 unit per bulan untuk total penjualan kendaraan pick up medium secara keseluruhan di wilayah Cirebon, paling tidak kita tak harus menguasai 100 persen. Namun, kita ingin menjadikan Traga menjadi market leader,” jelasnya.

Dalam upaya meningkatkan terget penjualan, pihaknya mengambil langkah-langkah strategi, dengan menghadirkan beragam program penjualan. Bagi konsumen yang ingin membeli kendaraan komersial di dealernya, pihaknya menghadirkan program diskon sepesial, juga DP ringan, free servis dua kali dengan jarak tempuh kendaraan antara 5.000 – 10.000 km.

“Selain itu ada juga program jaminan asuransi bagi para driver, pengemudi kendaraan komersial Isuzu yang diberikan selama 3 bulan ke depan,” tambah Imam.(Epih/KC)