Jumlah Peserta Lomba di Festival Waduk Darma Ditambah

14
Emsul/KC DERMAGA Desa Jagara akan dijadikan lokasi lomba rakit tradisional dalam Festival Waduk Darma, yang akan berlangsung pada 17 Oktober 2021.*

KUNINGAN, (KC Online).-

Panitia penyelenggara Festival Waduk Darma memenuhi harapan warga, yang menghendaki adanya penambahan kuota peserta lomba, dalam even yang akan digelar pada 17 Oktober 2021 ini. Namun panitia juga akan memberlakukan secara tegas penerapan protokol kesehatan (prokes).

Kepala Seksi (Kasi) Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Event) Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan, Jono, Senin (11/10/2021) mengungkapkan,  meski peserta lomba telah dibatasi dan pendaftaran sudah ditutup, namun sejumlah warga mendesak panitia agar ada tambahan kuota peserta untuk  memeriahkan Festival Waduk Darma. Hingga akhirnya panitia penyelenggara mempertimbangkan usulan warga yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan itu.

Ia menyebutkan, dari semula peserta yang akan mengikuti festival layang-layang hias sebanyak 44 peserta, kini menjadi 50 peserta. Selain diikuti peserta tuan rumah, juga ada 5 peserta dari Kabupaten Pangandaran, Bogor dan Ciamis. Mereka ingin menampilkan karya terbaik dalam rangka memeriahkan Festival Waduk Darma.Kemudian ada penambahan lomba atraksi seni 10 tim dan tampilan seni 5 tim dari seluruh desa di Kecamatan Darma.

“Mudah-mudahan dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Sementara untuk  lomba sepeda wisata dan lari wisata keliling Waduk Darma dengan jaruk tempuh sekitar 13,5 km, jumlahnya tetap sebanyak 250 peserta dan 100 peserta. Mereka akan mengikuti rute yang dimulai dari Bendungan Waduk Darma, lalu menuju Pasar Darma, ke SPBU Desa Kawahmanuk, ke Simpang Empat Desa Cipasung dan Sagara Cipasung tiba di Pos I. Selanjutnya memasuki Desa Paninggaran menuju Desa Sakerta Barat, ke Desa Sakerta Timur (Pos II) ke Desa Jagara dan  berakhir di daya tarik wisata (DTW) Waduk Darma.

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Disporapar,  Teti Sukmawati mengemukakan, Festival Waduk Darma yang dilaksanakan selama satu hari di beberapa lokasi, yang merupakan  desa penyanggga kawasan  Situ Darma. Yakni lomba rakit tradisional yang kini diikuti 27 tim  berlangsung di Darmaga Desa Jagara. Kemudian lomba burung merpati diikuti 200 peserta di Desa Sakerta Timur. Sedangkan panggung utama di kawasan parkir Waduk Darma.

“Peserta lomba dan pengunjung harus tetap menjaga protokol kesehatan. Mengingat pandemi Covid-19 masih ada. Sehingga mematuhi prokes, itu berarti upaya menjaga kesehatan dan keselamatan bagi  semua,” katanya.(Emsul)