Beberapa Panduan Tips Menentukan Mainan Untuk Si Buah Hati

39

CIREBON, (KC Online).-

Mempersiapkan mainan lego untuk anak merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan para orang tua. Sayangnya tidak semua mainan layak untuk diberikan kepada anak.

Ada aspek tertentu di mana mainan tersebut kurang sesuai untuk anak bahkan bisa saja membawa dampak buruk. Berikut ini akan dibahas beberapa tips memilih jenis mainan yang bisa sesuai untuk buah hati.

  1. Pertimbangkan mainan dengan ukuran besar

Pada dasarnya mainan dengan ukuran kecil memiliki harga lebih murah dari pada yang berukuran besar. Tetapi mainan berukuran besar tersebut terkadang lebih bermanfaat. Mulai dari keberadaan mainan tersebut yang lebih jelas kelihatan baik itu untuk orang tua atau pun bagi si anak.

Si anak pun paling hanya menggigit saja tidak sampai menelannya. Agar lebih mudah, bisa disesuaikan ukuran mainan tersebut dengan usia si anak. Jika sudah cukup besar, maka anak bisa saja memainkan mainan yang ukurannya kecil. Karena si anak sudah bisa berpikir cukup bijak terhadap ukuran mainan tersebut.

2. Perhatikan sisi edukatif dari mainan

Para orang tua harus mengkaji kembali apakah mainan tersebut hanya memiliki unsur kesenangan dan kepuasan saja untuk anak atau punya manfaat lain. Manfaat dari mainan akan lebih baik termasuk juga unsur edukasi atau pelajaran.

Dengan belajar lebih dini, tentu ke depannya akan lebih bermanfaat untuk si anak. Mainan susun atau brick misal yang bisa menjadi pilihan tepat untuk anak.

Jenis mainan sepeti itu bisa mengajarkan anak untuk sabar menyusun, anak juga akan berpikir kreatif untuk membentuk susunan tertentu nantinya.

  1. Memilih mainan dari merek atau brand populer

Agar lebih aman, maka kalian disarankan untuk memilih mainan yang berasal dari merek yang terkenal atau populer. Mengapa? Karena biasanya mainan yang branded tersebut lebih terjamin dari segi kualitas, keamanan bahan material dan aspek lain sebagainya.

Jangan lupa untuk memperhatikan mainan tersebut original branded atau malah produk KW. Kualitas produk mainan palsu/ KW tentunya tidak bisa benar-benar dipastikan karena belum teruji.

  1. Memilih mainan dengan warna menarik

Kalian bisa saja memilih mainan dengan beragam bentuk atau jenis misalnya mainan mobil, robot, bangunan konstruktif, karakter super hero dan sebagainya. Tetapi lebih baik untuk anak-anak, pilih mainan dengan warna yang cerah.

Warna cerah pada mainan tentu akan lebih menarik dari pada warna yang netral seperti abu-abu, hitam atau pun putih. Warna cerah mainan bisa seperti warna merah darah, kuning, hijau muda, biru tua, orange dan warna lain sebagainya.

Pada umumnya memang kebanyakan mainan dibuat dengan warna yang lebih cerah. Mainan tersebut lebih diperuntukkan untuk anak-anak. Sedangkan mainan yang mencakup kalangan dewasa bisa saja memiliki warna lebih netral seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

  1. Pilih yang sesuai dengan kesukaan anak

Kita tentu tidak bisa memilih mainan untuk anak tetapi berdasarkan kesukaan kita. Untuk orang tua yang hendak memilih mainan untuk buah hatinya, coba untuk cari tahu kesukaan anak.
Misal saja anak suka dengan superhero tertentu atau tokoh kartun tertentu, maka bisa coba cari mainan yang ada hubungannya dengan karakter tersebut. Bisa juga memilih mainan dengan konsep mobil, pesawat, kapal atau kendaraan lainnya.

Bisa saja anak lebih tertarik untuk menyusun brick dengan konsep bangunan layaknya arsitek. Cobalah memperlihatkan beberapa pilihan mainan baru tentukan yang paling menarik bagi si anak.(***)