Pejabat Eselon II Akan Dimutasi Akhir Tahun

21
Yan/KC KEPALA Bidang Informasi Kepegawaian, Kepangkatan dan Jabatan Fungsional Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kuningan, Purwadi Hasan Darsono.*

KUNINGAN, (KC Online).-

Pejabat eselon II yang kini menduduki kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan, akan dimutasi atau dirotasi pada Desember 2021.

“Rencana mutasi akan diselenggarakan akhir tahun dan kemungkinan besar sasarannya adalah pejabat eselon II terlebih dulu,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kuningan, H. Nurahim melalui Kepala Bidang Informasi Kepegawaian, Kepangkatan dan Jabatan Fungsional, Purwadi Hasan Darsono, Senin (20/9/2021).

Ia mengungkapkan,  belum bisa memastikan mutasi atau rotasi jabatan akan difokuskan para eselon II atau pada perkembangannya menyasar jabatan eselon III dan IV. Karena banyak posisi yang kosong, akibat pejabat sebelumnya telah pensiun. Sehingga untuk sementara ditangani oleh pelaksana tugas (Plt).

Menurutnya,  keputusan pelaksanaan dan sasaran eselon yang harus dimutasi, masih menunggu instruksi pimpinan selaku pemegang kebijakan yakni bupati dan wakil bupati, termasuk hasil kajian Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

 “Jadi sampai saat ini, kami belum bisa memplot siapa saja pejabat yang harus mengisi jabatan kosong eselon II, III dan IV atau yang digeser. Karena itu tergantung bulan pelaksanaan dan instruksi pimpinan,” katanya.

Disebutkannya, beberapa jabatan eselon II yang telah kosong, yakni Asisten Administrasi Setda yang sebelumnya dijabat H. Raji K. Sarji, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik yang ditinggal pensiun pejabat sebelumnya, H. Amiruddin. Kemudian kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan karena pejabat sebelumnya, Almarhum Indra Purwantoro meninggal dunia. Ditambah lagi, jabatan kepala Dinas Perikanan dan Peternakan yang dijabat  Bunbun Budhiyasa.

Ditambah pada Desember,  pejabat yang bakal pensiun yakni Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah, Apang Suparman dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Jaka Chaerul.

Sementara itu,  mengenai pelaksanaan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama untuk mengisi kekosongan jabatan eselon II, menurut Purwadi, akan diselenggarakan setelah kegiatan  mutasi. Tetapi pihaknya belum mengetahui SKPD yang akan diseleksi, karena tergantung instruksi pimpinan.(Yan)