Berikan Bantuan Sembako, Polisi Sosialisasikan Operasi Patuh Lodaya

23
Tati/KC KAPOLRES Majalengka, Ajun Komisaris Besar, Edwin Affandi membawa paket sembako untuk diberikan kepada warga kurang mampu di Blok Citayeum Kaler, Desa Cobodas, Kecamatan Majalengka, Senin (20/9/2021).*

MAJALENGKA, (KC Online).-

Hari pertama pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2021 di Polres Majalengka, diawali dengan pembagian bantuan sembako kepada keluarga kurang mampu di Blok Citayeum Kaler, Desa Cibodas, Kecamatan Majalengka, Senin (20/9/2021).

Puluhan unit sepeda motor melaju menuju kawasan perbukitan dipimpin Kapolres Majalengka Ajun Komisaris Besar Edwin Affandi diikuti anggota Satuan Lalu Lintas. Para pengendara melaju beriringan membawa paket sembako untuk dibagikan ke rumah-rumah penduduk, yang dinilai kurang mampu secara ekonomi serta mereka yang usahanya terdampak pandemi.

Kapolres dan anggotanya langsung mendatangi pintu-pintu rumah penduduk. Hal itu dilakukan  agar tidak mengundang kerumunan warga, sekaligus mendekatkan hubungan emosional antara kepolisian dan masyarakat setempat. Sekaligus dapat mengetahui kondisi keluarga masing-masing yang diberikan bantuan.

“Dengan datang ke rumah kami bisa berkomunikasi secara langsung dengan warga, silaturahmi lebih dekat sekaligus melakukan edukasi soal pencegahan Covid-19, dengan tetap menggunakan masker saat berkomunikasi, selalu mencuci tangan setelah beraktivitas dan menjauhi kerumunan, juga memastikan mereka apakah sudah divaksin atau belum. Bagi yang belum kami sarankan untuk datang ke sentra vaksin di Mapolres atau puskesmas terdekat,” kata Edwin Affandi.

Selain itu, ia pun menyampaikan kepada masyarakat yang ditemuinya menyangkut pelaksanaan operasi patuh lodaya. Kemudian menghimbau masyarakat yang biasa mengendarai sepeda motor, agar  memiliki SIM serta membawa STNK saat bepergian mengendarai kendaraan bermotor.

Ia menyebutkan,  Operasi Patuh Lodaya 2021 mulai digelar Senin (20/9/2021) hingga Minggu (3/10/202). Satuan Lalu Lintas Polres Majalengka akan melaksanakan operasi di sejumlah titik, di antaranya jalur rawan kecelakaan lalu lintas. Karena hal ini untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

“Selasa mulai menggelar operasi di lapangan. Fokus utama di titik-titik rawan kecelakaan lalu lintas. Dengan operasi ini diharapkan kecelakaan lalu lintas bisa lebih diminimalisir,” kata Edwin.

Sementara itu, sejumlah warga Blok Citayeum Kaler menyambut gembira  kehadiran polisi yang mengunjungi rumahnya sambil membawa dus berisi sembako. Pemberian bantuan tersebut bagi mereka cukup membantu, apalagi di saat musim paceklik.

“Ya bersyukur ada bantuan, sekarang kan paceklik, sudah lama tidak bertani karena kemarau,” kata Ikah salah seorang warga.(Tati)