75 Tahun Desa Kertayuga, Terus Kembangkan Potensi Alam dan SDM

19
Emsul/KC KEPALA Desa Kertayuga Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan, Sri Nurhaeni, memberikan sambutan dalam acara Hari Jadi Desa Kertayuga ke-75 tahun di halaman balai desa setempat, Senin (20/9/2021).*

KUNINGAN, (KC Online).-

Di usianya yang ke-75 tahun, Desa Kertayuga Kecamatan Nusaherang terus mengembangkan potensi wilayahnya. Sehingga bisa memberikan kontribusi terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Desa Kertayuga, Sri Nurhaeni, Senin (20/9/2021) mengungkapkan, wilayah desanya yang memiliki banyak potensi sumber daya alam, seperti penghasil komoditas kopi jenis unggulan, wisata Situ Wulukut dan sebagainya, tak pernah diam untuk lebih dikembangkan. Ditambah dukungan warga yang selalu kompak mendukung program pembangunan desa, juga patut diapresiasi.

“Sejalan usia Desa Kertayuga memasuki ke-75 tahun, hasil pembangunan yang telah dicapai akan tetap dipertahankan, bahkan lebih ditingkatkan. Termasuk potensi generasi muda tetap eksis berperan dalam pembangunan desa, sebagai rasa tanggung jawab generasi penerus bangsa,” katanya.

Menurutnya, perayaan hari jadi ini sebagai salah satu upaya meningkatkan dan menjunjung tinggi adat istiadat daerah, yang merupakan kekayaan desa yang harus dilestarikan. Sekaligus mengenai sejarah berdirinya Desa Kertayuga perlu diketahui bersama, terutama oleh generasi muda saat ini.

“Kami berterimakasih kepada Bapak Bupati, Camat Nusaherang maupun hadirin dalam rangka peringatan Hari Jadi Desa Kartayuga ke-75 tahun. Termasuk pada  seluruh pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan ini. Semoga kedepannya Desa Kertayuga semakin maju dalam berbagai aspek kehidupan  dan taraf hidup masyarakatnya terus meningkat. Desa Kertayuga ingin selalu terdepan dalam memberikan kontribusi pembangunan di Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Bupati Kuningan, H Acep Purnama, mengharapkan, dengan bertambahnya usia,  Desa Kertayuga bisa lebih maju sejalan dengan  Visi Kuningan Makmur, Agamis dan Pinunjul (Maju) Berbasis Desa Tahun 2023. Apalagi Desa Kertayuga memiliki obyek wisata Situ Wulukut yang cukup representatif dan potensial apabila terus dikembangkan. Sehingga menjadi satu daya tarik dan andalan bagi desa dalam usaha pariwisata.

“Kami berharap, warga Kertayuga tetap berkiprah dalam berbagai program pembangunan untuk  peningkatan kesejahteraan. Selain itu, terus menggali potensi yang ada, agar Desa Kertayuga tetap eksis dan selalu terdepan,” ucapnya.(Emsul)