Persani Dukung Kegiatan Senam di Masyarakat

20

CIREBON, (KC Online).- Seri Festival Senam 2021 bertemakan “Ayo Lawan Corona dengan Olahraga” yang diikuti 12 regu dari kalangan mahasiswa hingga masyarakat umum dari Kota dan Kabupaten Cirebon dengan memperlombakan senam stay at home (SAH).

Kegiatan  digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dilakukan Yayasan Bina Jati Mandiri bekerja sama dengan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) dan Persatuan Senam Indonesia (Persani) Kota Cirebon telah sukses diselenggarakan di GOR Balai Desa Jatiseeng Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon.

‚ÄúSelain di Kota, Persani Kota Cirebon mendukung kegiatan senam kalangan masyarakat baik di perkampungan ataupun pedesaan, terlebih senam SAH ini adalah senam yang mensosialisasikan agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan,” kata Pelatih Senam Persani Kota Cirebon, Aris Afianto kepada “KC” Minggu (12/9/2021) seusai memberikan tropi juara kepada peserta Seri Festival Senam 2021 di GOR Balai Desa Jatiseeng.

Lebih lanjut Aris menjelaskan bahwa ia sangat mengapresiasi bahwa senam ini harus memasyarakat karena senam ini adalah olahraga yang murah dan mudah. Walaupun senam banyak macamnya, lanjut Aris, yang penting bergerak untuk menopang kesehatan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Cirebon.

Selain itu, Aris yang saat itu menjadi salah satu dewan juri Seri Festival Senam 2021 tersebut menilai perkembangan senam di Kota maupun Kabupaten Cirebon tersebut terbilang sangat meningkat. “Alhamdulillah untuk gymnastic dan aerobik sangat berkembang pesat, salah satunya prestasi di tingkat Jawa Barat dan nasional,” jelasnya.

Aris berharap, kegiatan senam lebih banyak diarahkan ke kebugaran tubuh agar terciptanya kesehatan masyarakat yang meningkat. “Karena di masa pandemi ini harus banyak bergerak, menguras tenaga supaya imun di tubuh kita lebih baik seperti biasanya untuk melawan pandemi,” ujar Aris.

Sementara Pelatih Instruktur Senam, Vony N Ukhe yang juga dewan juri mengatakan, ada beberapa varian senam. Dirinya berharap masyarakat sadar akan pentingnya olahraga. “Kita tanpa olahraga akan lemah dan tidak akan sehat. Dengan olahraga bikin awet muda dan bikin fresh,” ungkapnya. (Jaka)