Penyebar Berita Hoaks Ketum PDIP Tutup Usia Dilaporkan ke Polisi

32

INDRAMAYU, (KC Online).- DPC PDIP Kabupaten Indramayu secara resmi melaporkan pemilik konten youtube penyebar berita hoak Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri yang dinyatakan tutup usia di Mapolres Indramayu, Senin,(13/9/2021).

Laporan pengaduan tersebut, disampaikan melalui surat resmi DPC PDI Perjuangan Kabupaten Indramayu Nomor : 001/EXT/BBHAR-PDI.IM/IX/2021, diserahkan oleh Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Indramayu, Sahali didampingi Ketua Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) DPC PDIP Indramayu, Mohamad Nasir dan jajaran pengurus lainnya.

Menyikapi berita hoak terhadap Ketua Umum Dr. (H.C) Megawati Soekarno Putri dirawat di ruang ICU dan berita ibu Dr. (H.C) Megawati Soekarno tutup usia sebagaimana bukti terlampir yang beredar melalui media sosial yang menginformasikan dan menyebarkan informasi tersebut kepada publik  merupakan hoak.

“Hari ini secara resmi, kami laporkan ke Mapolres Indramayu,” kata Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Indramayu, Sahali kepada awak media.

Atas kabar bohong dan atau informasi yang tidak benar dan menyesatkan publik, lanjut dia, sudah masuk dalam kategori perbuatan tindak pidana sebagaimana yang diatur Pasal 55 ayat (1) angak ke I KUHP, Pasal 310 dan Pasal 311 KUHP Jo pasal 27 ayat (3) dan Pasal 45 ayat (3) Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi elektronik.

“Kami keluarga besar kader dan simpatisan PDIP Kabupaten Indramayu yang cinta damai meminta kepada Kepolisian Republik Indonesia melalui Polres Indramayu untuk  mengusut tuntas penyebar berita hoak dan menangkap pelakunya,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) DPC PDIP Indramayu, Mohamad Nasir menyebutkan, laporan yang disampaikan kepada penyidik Polres Indramayu merupakan tindak pidana UU ITE yang dilakukan oleh HS yang dinilai merugikan partai pemenang pemilu 2019 lalu.

“Terimakasih kepada Polres Indramayu yang telah menerima pengaduan kami terkait berita hoak yang dilakukan oleh HS,” katanya.

Menurutnya, laporan tersebut secara resmi diterima Kapolres Indramayu melalui penyidik Reskrimum. Berharap, laporan tersebut dapat segera ditindaklanjuti sebagai bentuk kontribusi DPC PDIP Kabupaten Indramayu menyikapi situasi terkini.  “Semoga secepatnya kasus ini dapat terungkap dengan secepatnya,” tandasnya. (Ratno)