DAK Cair, Belasan Gedung SMP Segera Direhabilitasi

25

INDRAMAYU, (KC Online).- Sebanyak 12 gedung SMP Negeri di Indramayu mulai dilakukan rehabilitasi melalui dana alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan tahun 2021, dengan nilai kontrak keseluruhan sebesar Rp 7.969.120.000.

“Gedung yang akan rehabilitasi meliputi ruang kelas, guru/tata usaha dan ruang laboratorium IPA dengan tingkat kerusakan minimal serta perabotnya,” ujar Plt Kepala Disdik Indramayu, H.Caridin melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik Indramayu, H.Supardo kepada “KC” usai rapat persiapan pelaksanaan kontrak DAK 2021 bidang pembinaan SMP Disdik TA 2021, Kamis (9/9/2021).

Dikatakan, kegiatan DAK 2021 bidang pembinaan SMP dilakukan secara kontraktual sehingga siapa yang ingin menjadi pelaksana harus mengikuti proses lelang. Artinya, ketika persyaratan itu menurut pokja memenuhi maka mereka dianggap pemenang.  “Sekarang kegiatannya ada yang sudah mulai dikerjakan, ada pula baru memulai proses pembongkaran gedung yang akan direhab,” terangnya.

Dengan harapan, Disdik dan sekolah sebagai penerima manfaat kegiatan dilaksanakan sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB) dan menjaga kualitas pekerjaan. “Untuk pengawas dan tim teknis agar melakukan pengawasan secara baik dan memberikan progres pembangunan secara berkala, komunikasi serta koordinasi dua arah yang kondusif antara Disdik, pengawas, pelaksana dan sekolah,” imbaunya.

Sementara salah seorang Konsultan Pengawas PT Samudra Jaya pengerjaan rehabilitasi ruang tata usaha SMP Negeri 3 Terisi, Joy berharap para penyedia jasa pekerjaan sesuai dengan bestek.  “Semua itu, demi kebaikan dan fungsi bangunan itu sendiri,” katanya. (Ratno/KC)