13 Desa Disiapkan Menjadi Desa Digital

27

INDRAMAYU, (KC Online).- 13 desa di wilayah Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu saat ini sedang disiapkan menjadi desa digital. Targetnya pada tahun 2022 nanti desa di wilayah tersebut akan menjadi desa digital semua.

Camat Kertasemaya, Ade Sukma Wibowo mengatakan, sejumlah desa itu terdiri dari Tulungagung, Kertasemaya, Kliwed, Sukawera, Jengkok, Jambe, Lemah Ayu, Larangan Jambe, Tenajar Kidul, Tenajar, Tenajar Lor, Tegalwirangrong, Manguntara.

Ada empat  desa yang sudah menjadi desa digital diantaranya, Jambe Manguntara, Tegalwirangrong dan Lemah Ayu. “Empat desa tersebut sudah menerapkan layanan ke masyarakat berbasis on line, ” kata Camat Ade.

Desa- desa yang lain juga dalam waktu dekat terus dipromosikan supaya menjadi desa digital. Sebab tahun kemarin sebagian desa sudah mengajuakan anggarannya. “Jadi, untuk tahun sekarang desa digital akan terus bertambah di Kec. Kertasemaya, ” terang Ade

Ia juga memaparkan desa digital menerapkan sistem pelayanan  pemerintahan, pelayanan dan pemberdayaan masyarakat berbasis pemanfaatan teknologi informasi.

Adapun tujuan program tersebut untuk mengembangkan potensi desa, pemasaran, dan perceptan akses pelayanan publik.  “Kalau ada prodak unggulan desa, .bisa diakses kalau sudah menjadi desa digital, “tandas pria santun ini .

“Intinya, desa di wilayah kami tahun depan bisa menjadi desa dijital semua sehingga pelayanan kemasyarakat dapat lebih cepat, baik dan tidak tersendat, ” tambahnya.

Sementara itu Kasi Pemberdayaan Desa Kecamatan Kertasemaya Suratno, membenarkan adanya target menjadi desa digital semua. (Munir)