Tanpa Diskon PPnBM, Pajero Sport Tetap Jadi Market Leader

23

CIREBON, (KC Online).-

Langkah pemerintah memberlakukan progam relaksasi diskon Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) bagi kendaraan berkapasitas mesin di bawah 1.500 cc hingga 2.500 cc dinilai langkah yang tepat. Apalagi, pemberlakuan tersebut untuk mengerek pasar otomotif di tengah masa pandemi Covid-19.

Namun, program inipun tidak dapat sepenuhnya dinikmati sebagian Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) produk otomotif, lantaran adanya beberapa persyaratan, salah satunya dari tingkat kandungan Lokal Dalam Negri (TKDN) hingga 70 persen. Seperti halnya, dari produk otomotif yang tidak dapat merasakan relaksasi PPnBM yakni Mitsubishi Pajero.

Sekalipun demikian, minat masyarakat memiliki kendaraan segmen sport utility vehicle (SUV) 2.500 cc ini masih sangat tinggi. Terbukti, bila Pajero Sport sepanjang semester I 2021 masih menjadi market leader pada segmen kendaaraan SUV ini.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), sampai semester I 2021, penjualan Pajero Sport mencapai 8.299 unit (data wholesales), atau dengan pangsa pasar (Market Share) lebih dari 60 persen.

Meski tidak menikmati insentif PPnBM, Pajero Sport mengungguli tiga saingannya yakni Toyota Fortuner sebanyak 7.787 unit, Isuzu Mu-X 30 unit, dan Nissan Terra yang di sepanjang semester pertama 2021 tidak ada satu unitpun terjual.

“Kami menyampaikan permintaan maaf kepada konsumen, karena Pajero Sport tidak masuk dalam program PPnBM. Namun demikin, konsumen tidak perlu khwatir karena kami telah memulai sales program sejak April khususnya untuk Pajero Sport,” ungkap Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura, kemarin.

Naoya mengatakan, pencapaian penjualan Pajero Sport tidak terlepas dari program penjualan khusus, sebagai bentuk insentif mandiri, sebab kendaraan segmen SUV ini tidak masuk dalam penerima insentif PPnBM.

“Pajero Sport terbukti tetap menjadi pilihan karena kesesuaian dalam menjawab kebutuhan dan keinginan konsuman Indonesia, termasuk sejumlah program menarik yang ditawarkan,” ujar Naoya.

Adapun program penjualan yang ditawarkan MMKSI untuk Pajero Sport antara lain uang muka ringan mulai 15 persen, atau bunga ringan 0,75 persen atau program tabungan emas senilai Rp 5 juta. Selain program penjualan, harga jual kembali yang tinggi menjadi faktor tambahan bagi konsumen untuk melirik New Pajero Sport.(Epih)