Aspirasi Selly, 9 Sapi Kurban Digelontorkan BPKH di Cirebon dan Indramayu

29

CIREBON, (KC Online).-

Sembilan ekor sapi ditebar di beberapa wilayah di Jawa Barat oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Sembilan ekor di antaranya di Dapil VIII Jawa Barat (Cirebon-Indramayu). Hewan kurban untuk masyarakat itu didistribusikan atas aspirasi Anggota Komisi VIII DPR RI, Hj Selly Andriany Gantina.

Dalam penyalurannya, kurban sapi ini melibatkan DT Peduli sebagai lembaga kemitraan. Di Cirebon dan Indramayu, sebanyak lima ekor sapi dipotong di rumah potong hewan (RPH), sedangkan sisanya di masing-masing penerima dengan ketetapan mendapatkan izin untuk pemotongan hewan kurban.

Untuk pendistribusian daging kurban kepada masyarakat juga melibatkan beberapa lembaga, seperti dewan kemakmuran masjid (DKM) hingga lembaga sosial kemasyarakatan lainnya. Termasuk untuk menentukan penerimanya.

Selly mengatakan, pihaknya dalam penyaluran hewan kurban dari BPKH tetap mengedepankan anjuran pemerintah. Seperti, pemotongan melalui RPH atau langsung bagi wilayah yang tingkat penularan Covid-19 rendah dan mengantongi izin dari otoritas setempat.

“Kami tetap mengedepankan pencegahan penularan Covid-19. Sehingga proses pemotongan sampai pendistribusian daging kurban bisa lebih aman,” ungkap Selly, Kamis (22/7/2021).

Politisi PDI Perjuangan dari Dapil VIII Jabar itu menambahkan, esensi kurban di tengah pandemi virus Corona ini selain sebagai sarana ibadah adalah spirit pengorbanan, solidaritas terhadap sesama dan gotong royong. Semangat itu pula yang harus diimplementasikan semua komponen dalam menghadapi pandemi.

“Kurban dalam suasana pandemi harus diilhami sebagai momentum untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah, meningkatkan solidaritas, kepedulian, dan gotong royong dengan sesama,” katanya.

Ia berharap, daging kurban yang didistribusikan kepada masyarakat dapat bermanfaat.

Sementara itu, Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Parahita, Tri Sutrisno mengoordinir pembagian daging kurban tersebut di Kota Cirebon. Sedangkan pemotongan dan pengemasan dilakukan di kantor DT Peduli Cirebon di Jalan Perjuangan.

“Kita mendistribusikan kepada masyarakat penerima yang sudah terdata. Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi masyarakat,” kata Sutrisno, ditemui di sela-sela pemotongan hewan kurban di kantor DT Peduli Cirebon.

Untuk diketahui, BPKH melalui Program Kemaslahatan tahun ini menyalurkan hewan kurban sebanyak 1.000 ekor sapi yang tersebar di kurang lebih 835 titik di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Wilayah yang dijangkau pun tak tanggung-tanggung, dari Aceh sampai pulau terluar Sebatik, serta wilayah lain seperti Papua dan Papua Barat.

Dalam pelaksanaannya, BPKH bekerjasama dengan Mitra Kemaslahatan, seperti Nucare Lazisnu, LazisMu, DT Peduli, Baznas ,PPPA Darul Quran, BSMU, Solo Peduli, Laz Ummul Quro dan Rumah Zakat.

Pelaksanaan Berkah Kurban dilakukan dengan mengacu protokol kesehatan ketat, termasuk dengan melakukan pemotongan hewan kurban di RPH. Pendistribusian daging kurban dilakukan langsung ke rumah penerima manfaat akhir, sehingga tidak ada kerumunan di lokasi pemotongan hewan kurban.(Iskandar)