Satu Pengunjung Obyek Wisata Dinyatakan Positif Covid-19

24

INDRAMAYU, (KC Online).- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Indramayu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat telah melakukan upaya pencegahan penularan Covid-19 di seluruh obyek wisata saat liburan Idulfitri 1442 Hijriyah.

Hal itu, merupakan salah satu bentuk pencegahan yang dilakukan dengan membuka posko pengambilan sampel swab antigen bagi pengunjung yang akan masuk ke obyek wisata. Seperti yang dilakukan di obyek wisata wilayah Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu, Sabtu, (15/5/2021).

Data yang diperoleh menyebutkan dari 125 orang pengunjung yang ditest swab antigen, 124 orang negatif dan satu orang wisatawan asal Kabupaten Kuningan dinyatakan positif.

“Tim Dinkes telah melakukan upaya preventif bekerjasama dengan Disbudpar dan telah mengambil test swab antigen kepada pengunjung obyek wisata, hasilnya satu orang warga luar daerah positif Covid-19,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara.

Menindak lanjuti temuan wisatawan positif Covid-19, pihaknya langsung melakukan kordinasi dengan Dinkes Kabupaten Kuningan serta memberikan rujukan kepada puskesmas agar dapat terpantau secara baik. “Yang bersangkutan berkenan untuk menjalani proses isolasi mandiri di rumah kediamannya di Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Dikatakan Deden, penyebaran virus Corona di tempat terbuka seperti obyek wisata sangat rentan terjadi dan sulit untuk dilakukan pelacakan atau tracking bagi potensi penularan kepada pengunjung lainnya. Karena itu, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Indramayu untuk tidak berekreasi di tempat obyek wisata secara bebas dan memperhatikan prokes.

Pihaknya, akan terus melakukan pengecekan secara acak di beberapa obyek wisata lainnya. Berharap dengan langkah acak pengetesan swab antigen secara gratis di tempat obyek wisata tersebut, dapat menemukan faktor penyebaran dan dugaan kluster baru. “Hal ini untuk segera dilakukan tindakan cepat agar mampu memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Kabupaten Indramayu,” pungkasnya. (Ratno)