Dalam Setahun, Lab Covid-19 UGJ Layani 150.000 Spesimen

29
Ist/KC FAKULTAS Kedokteran (FK) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon menggelar buka puasa bersama dan syukuran laboratorium center Covid-19 FK UGJ di Auditorium FK UGJ setempat, Selasa (4/5/2021).*

KESAMBI, (KC Online).-
Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) menggelar buka puasa bersama dan syukuran Laboratorium Center Covid-19 FK UGJ di Auditorium FK UGJ, Selasa (4/5/2021). Acara buka puasa bersama dihadiri Ketua Yayasan Dadang Sukandar Kasidin dan Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih.
Dekan FK UGJ Catur Setiya Sulistiana mengajak jajarannya untuk menjadikan kegiatan buka puasa bersama sebagai salah satu bentuk ibadah yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan yang pada akhirnya sebuah kompensasi berupa pahala akan diraih.
Dalam kesempatan itu, Catur menyampaikan bahwa Laboratorium Center Covid-19 FK UGJ tepat berusia satu tahun. Sehingga, selain berkumpul bersama dalam rangka merajut ukhuwah dan berbuka puasa bersama civitas akademika FK UGJ, dengan Tema: Satu Hati Dalam Kemuliaan Ramadan menuju Hari Kemenangan”, juga mensyukuri Kiprah 1 Tahun Laboratorium Center Covid-19 FK UGJ dalam melaksanakan tugasnya pengabdian pada masyarakat di masa pandemi Covid-19.
“Laboratorium Center Covid-19 FK UGJ resmi beroperasi tepat 1 tahun lalu atas perintah dan dukungan penuh dari Ketua YPSGJ, Bapak Dadang Sukandar Kasidin dan juga dukungan dari Bapak Rektor UGJ, tanpa beliau saya yakin Laboratorium Center Covid-19 FK UGJ tidak akan pernah ada,” kata Catur.
Catur menambahkan, Laboratorium Center Covid-19 FK UGJ resmi ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan menjadi salah satulaboratorium Covid-19 jejaring nasional pada tanggal 1 Juli 2020. Saat ini, Laboratorium Center Covid-19 FK UGJ melayani pemeriksaan spesimen Covid-19 dari Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Majalengka, dengan jumlah lebih dari 150.000 spesimen selama 1 tahun dengan kapasitas pemeriksaan rata rata 1.400 sampel dalam 1 hari. “Dan jumlah pemeriksaan ini menempatkan Laboratorium Center Covid-19 FK UGJ pada posisi ke-2 pemeriksaan tertinggi se-Jawa Barat setelah Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa dari sebuah laboratorium yang dimiliki oleh sebuah FK di Indonesia, apalagi hanya dikawal dan dijalankan oleh tujuh orang dosen dari FK UGJ dan dibantu oleh Tim Administrasi dan IT dari KCB,” tuturnya.
Sebagai Dekan FK UGJ, Catur mengapresiasi dedikasi dan loyalitas yang sangat luar biasa dari Tim Laboratorium Center Covid-19 FK UGJ sehingga sampai saat ini banyak mendapatkan kepercayaan dari nasional maupun regional (Labkesda Jabar).
Catur menambahkan, pada bulan Maret 2021, Lab Covid-19 FK UGJ juga telah lulus uji profisiensi WHO untuk deteksi PCR SARS-CoV-2 yang dilaporkan pada Interim Report 2020 WHO International PTP for the Detection of SARS-CoV-2 by PCR.
Saat ini Lab Covid-19 FK UGJ juga ditugaskan membantu beberapa proyek validasi nasional antara lain, meneliti kadar antigen IgG, IgM dan NAb pasca vaksinasi (Balitbangkes Pusat), meneliti varian SARS-CoV-2 B.117 dan E484K di Ciayumajakuning (Balitbangkes Pusat).
Lalu, meneliti rapid antigen SARS-CoV-2 berbasis Colloidal Gold (BNPB), meneliti triple rapid antigen SARS-CoV-2/FluA/FluB (BNPB) dan mengidentifikasi Whole Genome Sequencing varian virus di Ciayumajakuning (Labkesda Provinsi Jabar). (Iskandar/KC)