Jelang Lebaran, Fasilitas dan Infrastruktur Layanan Tol Cipali Ditingkatkan

43
Jejep/KC PT Astra Tol Cipali menggelar jumpa pers bersama awak media Kabupaten Majalengka terkait persiapan mudik Lebaran 2021.*
 
MAJALENGKA, (KC Online).-

Pengelola Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) tetap berupaya meningkatkan fasilitas dan infrastruktur layanan ke pengguna jalan tol, dengan menyiapkan manajemen pengaturan arus lalu lintas apabila terjadi lonjakan volume kendaraan pada H-8 dan H-10 Lebaran.

Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali Agung Prasetyo mengungkapkan, meski tahun ini ada larangan untuk mudik, namun mengantisipasi lonjakan kendaraan saat mudik dan balik Lebaran melalui Tol Cipali, pihaknya akan memaksimalkan 29 gardu, yang akan disesuaikan dengan kondisi lalu lintas  yang terjadi di Gerbang Tol Palimanan Utama. Pengaturan lalu lintas juga dilakukan di gerbang sayap  seperti GT Kalijati, GT Subang, GT Cikedung, GT Kertajati dan GT Sumberjaya.

Kemudian untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan, maka perbaikan seluruh titik ruas jalan tol yang sebelumnya mengalami kerusakan pada beberapa bagian di H-10 sudah tuntas dilakukan.  

“Untuk mendukung kelancaran lalu lintas  selama masa larangan mudik 2021, ASTRA Tol Cipali tetap beroperasi normal  dengan menyiagakan  perugas armada  lalu lintas juga transaksi,” katanya.

Ia mengemukakan, pihaknya juga menyiagakan kendaraan derek, ambulan dan  kendaraan pembersih untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi di ruas tol. Sebagai pengamanan berkendaraan mulai km 86 hingga 169 sisi bahu telah dipasang perambuan, untuk mencegah terjadinya kecelakaan menyeberang jalur lain serta memasang ribuan rambu lalu lintas untuk dipedomani para pengguna jalan demi keselamatan mereka. Bahkan kini di ruas Tol Cipali  juga sudah terpasang cctv di setiap satu kilometer.  

“Sebagai langkah antisipasi kecelakaan, kami mengimbau pengguna jalan agar bisa memarkir kendaraan  di sisi area. Agar kendaraan lain yang melaju tidak terjadi hambatan.  Ketika terjadi contra plow sisi rest area kami terus komunikasi dengan polisi,” katanya.  

Sementara mengenai kebijakan  pengaturan lalu lintas  di  ruas Tol Cipali, menurut Agung, pihaknya selalu berkoordinasi  dengan pemangku kepentingan, terutama pihak Korlantas Polri, Kementerian Perubungan dan kepolisian wilayah serta instansi terkait lainnya.

“Diharapkan dengan berbagai upaya peningkatan kualitas layanan,  pengguna jalan dapat berkendaraan dengan lancar, aman dan nyaman,” ucapnya.(Tati/Jejep)