PKS Lakukan Gerakan Donor Plasma Konvalesen

32
DPD PKS Kabupaten Cirebon saat melakukan donor plasma konvalesen, di kantor DPD PKS setempat, belum lama ini. Gerakan donor plasma yang dilakukan serentak di PKS-PKS daerah lainnya ini, merupakan upaya membantu menangani wabah Covid-19.* Ist/KC Online

SUMBER, (KC Online).-
DPD PKS Kabupaten Cirebon, berupaya membantu penanganan Covid-19 yang sejauh ini, wabah berbahaya tersebut belum juga usai. Untuk itu, PKS di daerah ini melakukan gerakan donor plasma konvalesen yang secara serentak dilakukan juga oleh PKS-PKS di daerah lainnya.
Ketua DPD PKS Kabupaten Cirebon, H Junaedi menyampaikan, dalam rangka membantu penanganan pandemi Covid-19, belum lama ini Bidang Kesejahteraan Sosial DPD PKS bekerja sama dengan PMI Kabupaten Cirebon meresmikan gerakan donor plasma konvalesen.
“Plasma konvalesen adalah bagian darah yang mengandung banyak antibodi. Menurut para ahli, dibenarkan untuk terapi pasien Covid-19, baik yang gejala sedang hingga berat,” kata Junaedi, Senin (12/4/2021).
Ia menjelaskan, dalam peresmian gerakan donor darah tersebut bertempat di MDBU Building yang juga merupakan kantor DPD PKS Kabupaten Cirebon. Para calon pendonor darah, kata Junaedi, diberi pengarahan terlebih dahulu lalu diperiksa kesehatannya oleh Tim PMI untuk kemudian diambil donor plasma konvalesen bagi yang memenuhi syarat.
“Selain donor plasma konvalesen, diambil juga donor darah umum,” ungkap pria yang juga Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon ini.
Menurutnya, gerakan yang dilakukan PKS tersebut, selain sebagai edukasi, juga merupakan bagian dari pelayanan partainya dalam menangani pandemi Covid-19.
“Gerakan ini juga, telah dilakukan di berbagai tempat perwakilan PKS di seluruh Indonesia,” ujar Junaedi.
Dengan gerakan yang dilakukan pihaknya sebagai upaya penanganan pandemi Covid-19 ini, tentunya, kata dia, donor plasma darah konvalesen tersebut akan terus dilakukan. Artinya, tidak hanya sekali, tetapi terus berkelanjutan. “Gerakan ini, bukan hanya sekali ini dilakukan tetapi akan terus berkelanjutan kedepannya,” ujar Junaedi.(Ismail/KC)