Tanggul Cisanggarung Tak Dibangun, Warga Swadaya Buat Tanggul Darurat

27

PASALEMAN, (KC Online).-
Belum adanya kepastian perbaikan tanggul permanen di Sungai Cisanggarung, Blok Sangkanurip, Desa Cigobangwangi, Kecamatan Pasaleman, Kabupaten Cirebon, berdampak pada semakin dekat rumah warga dengan bibir sungai.
Salah seorang warga yang rumahnya tergerus longsoran minggu lalu, Castim mengatakan, setelah tergerus bagian belakang rumahnya akibat luapan arus Sungai cisanggarung, dirinya hingga saat ini masih cemas ketika hujan datang.
“Saya bersama keluarga sangat khawatir bila terjadi arus besar di sungai tersebut dan informasi pihak berwenang, rumah akan direlokasi, akan tetapi belum ada kepastian,” katanya, Jumat (9/4/2021).
Masih dikatakan Castim, untuk minimalisasi longsor susulan, hasil kesepakatan bersama akhirnya warga bergotong royong membuat tanggul bambu sepanjang lokasi longsoran tiga susun.
“Tanggul darurat dari bambu ini tentunya kurang kokoh, maka perlu adanya pembagunan tanggul permanen sepanjang sungai,” ujarnya.
Castim memaparkan, bambu untuk membuat tanggul darurat ini merupakan milik warga sekitar yang peduli dengan kondisi rumah yang terancam longsor susulan.
“Diharapkan, dengan adanya tanggul darurat ini akan mampu mengurangi tekanan arus sungai saat banjir dan semoga dalam waktu dekat ada kepastian relokasi. Selain itu, saya ingin dibuat tanggul secara permanen oleh pihak berwenang agar kami bisa tetap tinggal dirumah kami dengan aman,” harapnya.
Castim menceritakan, longsor beberapa hari lalu, mengakibatkan bagian dapur rumahnya tergerus longsoran. Longsor juga telah memutus jalan gang yang ada di depan rumahnya hingga jalan penghubung antar jalan gang terputus, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan jalan gang depan rumahnya diportal sementara waktu.
“Dulu, sekitar sini banyak rumah dan musala juga, namun setiap tahun tanah terkikis dan satu persatu hilang tergerus longsoran. Dan tahun ini, giliran rumah saya yang sudah tergerus bagian belakangnya dan mengancam seluruh bagian rumahnya,” cerita Castim. (Supra/KC)