38 Pesenam Ikuti Persani Cup

13

CIREBON, (KC Online).– Sebanyak 38 pesenam yang terdiri dari 15 putri dan 13 putra di nomor artistik serta 10 putri di nomor ritmik ikuti kejuaraan Persani Cup tahun 2021 di Sport Hall Kompleks Stadion Bima, Kota Cirebon.

Jelang pelaksanaan Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat tahun 2021, pengurus Persatuan Senam Indonesia (Persani) Kota Cirebon melakukan berbagai persiapan, salah satunya dengan meningkatkan pengalaman bertanding meskipun bertanding dengan lawan sekotanya dalam gelaran kejuaraan Persani Cup.

“Selain bertujuan untuk jalur prestasi PPDB tahun ajaran baru nanti, ini juga sebagai seleksi kami untuk menentukan atlet-atlet yang akan diturunkan di BK nanti,” kata pelatih senam, Aris Afianto kepada “KC” , Kamis (8/4/2021).

Selain itu, Aris menjelaskan kalau kegiatan tersebut juga dapat menelurkan bibit-bibit atau regenerasi atlet senam khususnya di Kota Cirebon. Kegiatan seperti ini sangat diperlukan, saat masa pandemi sekarang ini jarang sekali ada kejuaraan-kejuaraan senam.

 “Jadi hal ini dapat melihat kemampuan atau menambah jam terbang anak-anak dalam pertanding,” jelasnya.

Aris menambahkan, jelang masuki tahun ajaran baru, sekolah-sekolah juga biasanya dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ada kuota untuk calon peserta didiknya yakni melalui jalur prestasi. Kasihan kepada anak-anak, yang seharusnya mengikuti event-event kejuaraan dan mendapatkan piagam kejuaraan yang dapat dipergunakan sebagai salah satu syarat untuk masuk jalur prestasi.

“Di masa pandemi tidak ada kejuaraan sehingga kami berinisiatif untuk mengadakan kejuaraan ini,” imbuhnya.

Sementara Ketua Umum Persani Kota Cirebon, Jojo Wiharjo mengatakan, pihaknya  bersyukur karena masih dapat menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan membatasi peserta dan warga pun tidak diperkenankan untuk menonton karena dikhawatirkan  menimbulkan kerumunan.

“Ini merupakan program Persani di masa kepemimpinan saya, semoga apa yang saat ini diselenggarakan hingga Sabtu esok dapat bermanfaat,” tutup Jojo. (Jaka)