UGJ-MPR RI Teken Kerjasama di Bidang Perpustakaan

13

CIREBON, (KC Online).-

Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) melakukan kerjasama dengan perpustakaan MPR RI. Kerjasama tersebut dituangkan dalam MoU dan MoA antara UGJ dan MPR RI yang dilaksanakan di auditorium Kampus I UGJ, Kamis (8/4/2021).

Rektor UGJ, H Mukarto Siswoyo mengatakan, MoU dan MoA ini dilakukan karena UGJ terus membangun kerjasama dengan berbagai lini. Saat ini, kata Mukarto, UGJ menginisiasi kerjasama dengan perpustakaan MPR RI yang ditandatangani dengan MoU dan MoA yang dilanjutkan dengan bedah skripsi mahasiswa.

“Ini salah satu langkah upaya kita dalam memfasilitasi mahasiswa dan dosen, yaitu referensi buku dalam proses implementasi perguruan tinggi,” kata Mukarto.

Mukarto menambakan, saat dosen melakukan proses pembelajaran dan membutuhkan referensi terkait legislatif dan sistem pemerintahan, maka menurutnya, menjalin kerjasama dengan perpustakaan MPR RI merupakan langkah yang strategis.

“Ini sesuai dengan program Kemendikbud RI, merdeka belajar, kampus merdeka,” katanya.

Mukarto menilai, perpustakaan merupakan jantung universitas di mana di tempat tersebut terselenggara pendidikan dari tingkat universitas hingga ke sekolah dasar. Menurutnya, semakin baik perpustakaan, maka semakin beragam koleksi buku, serta majalah, baik yang berbentuk fisik, maupun berbentuk digital. Hal tersebut,menurutnya, menjadi bagian dari kemajuan di lembaga pendidikan.

“UGJ baru saja selesai membangun gedung perpustakaan lima lantai. Ini semata- mata kita terus berupaya memfasilitasi sarana kebutuhan referensi buku yang diperlukan terkait proses belajar mengajar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabiro Humas dan Sistem Informasi MPR RI, Siti Fauziah berharap kerjasama dengan UGJ bisa dilakukan secara berkesinambungan. Fauziah juga berharap kerjasama ini bisa dimanfaatkan dengan baik bagi semua pihak, termasuk mahasiswa.

“Saya berharap tidak berhenti sampai disini kerjasamanya, ini harus tetap dilakukan,” ujarnya. (Fanny)