30 Wajib Pajak Raih Penghargaan

7
BUPATI Cirebon, H Imron Rosyadi memberikan hadiah penghargaan kepada wajib pajak pada acara penganugrahan penghargaan para teladan pajak tahun 2020 di salah satu hotel di Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, Kamis (8/4/2021).* Iwan/KC

CIREBON,(KC Online).-
Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Cirebon, memberikan penghargaan kepada para teladan pajak tahun 2020 di Hotel Patra Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Kamis (8/4/2021).
Bupati Cirebon, H. Imron Rosyadi menyebutkan, penghargaan tersebut diberikan karena wajib pajak yang melakukan pembayaran pajaknya tepat waktu.
Selain itu, penghargaan pun berdasarkan Undang-undang Dasar, UU 28 tahun 2009 tentang pajak dan retribusi serta Peraturan (Perda) nomor 2 tahun 2011 tentang pajak daerah.
“Penghargaan itu diberikan kepada 30 wajib pajak atau perwakilan perusahaan dari 11 sektor pajak. Seperti restoran, hotel, pariwisata, dan perusahaan lainnya,” kata Imron.
Sementara itu Kepala Bappenda Kabupaten Cirebon, Erus Rusmana mengatakan, tujuan penghargaan ini merupakan upaya meningkatkan kesadaran melaporkan pajak dan mampu memotivasi warga lainnya agar membayar pajak tidak melebihi jatuh tempo.
Selain itu, kata Erus, pajak yang dihimpun tersebut merupakan instrumen untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), sehingga pembangunan pendidikan, kesehatan, hingga infrastruktur.
“Maka dari itu, untuk masyarakat saya kasih stimulus pembayaran PBB, dimana masyarakat yang membayar sebelum jatuh tempo bisa dapat potongan,” katanya.
Erus mengungkapkan pada 2020, Pemerintah Kabupaten Cirebon berhasil menghimpun Rp 223 miliar.
Pencapaian tersebut, melebihi dari target awal sebesar Rp 200 miliar. Pendapatan terbesar dari pajak hiburan, parkir, serta hotel.
“Di tahun 2019 target awal Rp 243 miliar diturunkan di tahun 2020 menjadi 200 miliar dan alhamdulillah over target menjadi Rp 223 miliar atau 111 persen,” katanya.
Tahun ini, kata Erus, pihaknya membidik pendapatan dari pajak sebesar Rp 259 miliar. “Saya optimis tahun ini bakal tercapai dan pandemi segera usai,” katanya. (Iwan/KC)