Terkait UISSI, PJJ PAI Mulai Perkuliahan pada September

20

CIREBON, (KC Online).-

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Universitas Islam Syber Syekh Nurjati Indonesia (UISSI) direncanakan digelar pada September 2021 mendatang. PAI sendiri merupakan mata kuliat pilot project dalam UISSI tersebut.

” PJJ PAI merupakan bagian dari transformasi IAIN menjadi UISSI, kita sudah dapat penunjukkan bahwa IAIN Cirebon telah ditunjuk jadi pilot project menjadi UISSI,” ujar Wakil Rektor II IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr Kartimi MPd saat membuka kegiatan penyelarasan kurikulum dan proposal PAI PJJ IAIN syekh Nurjati Cirebon, Selasa (6/4/2021).

Menurutnya, dalam rangka menindaklanjuti PJJ PAI UISSI ini IAIN Cirebon sudah melakukan beberapa kegiatan.

“Untuk follow up PJJ PAI ini kita sudah koordinasi terkait pilot project PJJ PAI di Aston Hotel, juga ada kegiatan kunjungan ke universitas terbuka dalam rangka mendapatkan pencerahan. Kita juga kordinasi dengan lintas koordinasi di Bogor,” ujarnya.

Menurutnya, pilot project PJJ PAI akan dirilis pada September.

” Harapannya, UISSI ini sebagai program unggulan dari Kemenag, dan IAIN Cirebon ditunjuk sebagai pilot project maka kita harus maksimal. Kami yang awalnya konvensional jadi syber maka kita perlu banyak belajar kepada yang sudah terbang lebih tinggi,” ungkapnya.

Adapun sasaran program dari UISSI ini adalah meningkatnya jumlah mahasiswa di dalam dan luar negeri.

“Mei diharapkan izin prodi sudah keluar. Kita juga perlu menimba banyak ilmu dan kerjasama dengan perguruan tinggi berbasis syber,” ungkapnya.

Sementara itu, Warek I IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dr H.Saefudin Zuhri MAg mengatakan, pihaknya merasa bersyukur
bisa berkumpul dalam FGD tersebut untuk persiapan UISSI.

“IAIN Cirebon sempat trending saat pembukaan rakernas Kemenag yang dihadiri oleh para rektor PTKIN. Dalam rakernas ini, Menag sempat melontarkan tekadnya untuk mendirikan UISSI, dan di situ jelas disebutkan Cirebonnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, dari tujuh program unggulan Kemenag terdapat UISSI.

“Di situ jelas tertulis. Ini adalah amanah yang luar biasa, kita tidak tahu kenapa kita dapat amanah ini, mungkin berkat doa-doa orang tua kita,” tuturnya. (Fanny)