BEC 2021 Cetak Atlet ESports di Daerah

11
PARA pemenang foto bersama seusai acara bjb ESports Competion atau BEC 2021. Kegiatan tersebut digelar dalam rangkaian hari jadi ke 539 Kabupaten Cirebon.* Ist/KC

CIREBON, (KC Online).-

Dunia olahraga elektronik atau ESports di daerah terus berkembang dengan bermunculannya sejumlah event. Terkait hal itu, bjb ESports Competion atau BEC 2021 digelar dalam rangkaian hari jadi ke 539 Kabupaten Cirebon. Event tersebut menarik minat ratusan tim dari berbagai daerah dan berlaga menjadi yang terbaik di ajang tersebut.
Ketua Pelaksana BEC 2021, Rizky Adityia menyampaikan, event bjb ESports Competion (BEC) Mobile Legend 2021 ini dihelat Pengurus Cabang (Pengcab) ESports Indonesia Kabupaten Cirebon dalam rangka hari jadi ke 539 tahun daerahnya.
Event tersebut, kata dia, diikuti 250 tim dari berbagai daerah dalam babak penyisihan secara online. Kegiatan juga menerapkan protokol kesehatan ketat dalam babak playoff delapan besar yang digelar secara offline di Aula BKPSDM Kabupaten Cirebon, belum lama ini.
“Event yang digelar ini merupakan upaya mencari bibit atlet ESports yang nantinya dipersiapkan dalam kejuaraan lebih besar, seperti porda dan porprov,” kata Rizki, Senin (5/4/2021).
Dengan event tersebut, pihaknya berharap, bermain game sudah tidak dipandang sebelah mata, melainkan dapat beprestasi bahkan memiliki nilai ekonomi yang besar.
Sementara itu, Pimpinan Cabang bjb Sumber, Anet Yulisthian mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai ajang kampanye pihaknya yang saat ini penggunaan uang tunai dalam bertransaksi, sudah beralih menggunakan nontunai atau cashless QRIS melalui bjb digicash. “Hal tersebut sebagai syarat utama peserta mengikuti lomba,” kata Anet.
Pihaknya pun mendukung langkah dalam mengembangkan ESports yang ada di Kabupaten Cirebon dan akan menggelar secara rutin event serupa. “Dengan harapan dunia ESports di daerah dapat terus berkembang,” ungkap Anet.
Seperti diketahui, jalannya pertandingan di babak delapan besar playoff BEC 2021 di panggung yang diset ala mobile legend profesional league tersebut, berlangsung sengit dengan mempertemukan delapan tim yang lolos di babak penyisihan. Yakni Cirebon Gaming, Roxy Id, XJG, Old Fruit, Mekayo ESports, Papa Gaming, Satpol PP dan bjb Legend.
Di babak 8 besar Cirebon Gaming harus mengakui keperkasaan Roxy Id. Begitu juga XJG yang harus mengakui keunggulan Old Fruit. Mekayo ESports berhasil menumbangkan Papa Gaming, begitupula bjb Legend yang berhasil mengalahkan tim kuat Satpol PP.
Di babak semifinal, Roxy Id memaksa pulang Old Fruit dari Jakarta dan melaju ke final. Serta bjb Legend yang harus bertekuk lutut oleh Mekayo ESports.
Dalam babak grand final yang mempertemukan Mekayo ESports dan Roxy Id dengan menerapkan sistem pertandingan best of three atau BO 3. Namun pada akhirnya Mekayo ESports yang dihuni jebolan pemain MDL keluar sebagai juara dengan skor 2-0. Dan membawa pulang piala serta uang tunai senilai Rp 6 juta.
Sementara juara 2 mendapatkan Rp 3 juta, juara 3 dan 4 masing-masing Rp 1,5 juta. Serta tim yang terhenti di babak 8 besar masing-masing mendapatkan Rp 750 ribu.(Ismail)